SAHABAT DUNIA MUSUH ALLAH (3)


Selasa, 28 Februari 2017
Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.
(Yak 4:4)  

 
Ayat diatas mengungkapkan yaitu seseorang yang  dikatakan   musuh Allah dan menjadi sahabat dunia?  Dunia dalam bahasa aslinya (Yunani):Kosmos:Alam semesta. Dunia dirasuki oleh rohnya sendiri yang menguasai akal budi dan pengertian manusia sehingga manusia berada dalam perbudakan  unsur -unsur yang meliputi dunia.
Didalam  ayat sebelumnya yaitu ayat 2 disebutkan bahwa manusia itu selama hidup di dunia digerakkan oleh "keinginan untuk mendapatkan sesuatu." Cara untuk mendapatkannyapun beragam mulai dari cara yang negatif seperti "membunuh, iri hati, bertengkar dan berkelahi" sampai cara yang paling rohani yaitu "berdoa", mengandalkan kekuatan sendiri untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, namun seringkali orang yang berdoa sekalipun kepada Tuhan tidak mendapatkan apapun dari Tuhan, mengapa?. Karena "salah berdoa" jadi ada doa yang salah, melalui teks ini Yakobus ingin menunjukkan bahwa tidak semua yang kelihatan rohani adalah benar, bisa jadi hal itu salah dilakukan jika motifnya "hendak dihabiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."


Ayat 3 kita  berdoa untuk memuaskan hawa nafsu kita. "kamu tidak memperolehnya" dan untuk memperoleh apa yang diinginkannya  dengan  menghalalkan segala cara supaya kita dapat mencapai tujuan" dari sini dapat kita lihat bahwa fokus utama adalah diri pribadi.


Yakobus ingin menunjukkan bahwa tidak semua yang kelihatan rohani adalah benar, bisa jadi hal itu salah dilakukan jika motifnya "hendak dihabiskan untuk memuaskan nafsu.
"kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu." dan bagi julukan bagi orang kristen yang demikian adalah "orang- orang yang tidak setia!" orang-orang yang sedang "menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.


yang benar dan terjawab adalah ketika kita berdoa, berdoa sesuai kehendak Allah, berdoa yang tulus dan kerendahan hati memikirkan keinginan Tuhan, berdoa meminta hikmat dan pengertian yang benar agar mengerti kehendakNya dengan sempurna sasaran utamanya adalah bagaimana hidupnya layak dan berkenan kepada Allah dalam segala hal dan kerinduan utamanya ialah mengenal Allah untuk menyenangkan hati Tuhan. 


Kiranya pernyataan  ini akan membantu kita agar menjadi pribadi yang berdoa dengan benar dan benar di mata Allah.
Yohanes 15:14 “ Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu”.  Ternyata Tuhan Yesus baru mau mengakui seseorang menjadi sahabatnya kalau orang tersebut  percaya, mau menuruti atau mau berbuat apa yang diperintahkan Tuhan, yaitu hidup dengan kekudusan. Jadi bila seseorang tidak mau menuruti atau berbuat apa yang Tuhan Yesus perintahkan, maka dapat dipastikan ia bukan sahabat Tuhan, maka  ia tidak bisa mengklaim bahwa ia adalah sahabat Tuhan. Camkan Saudara-saudaraku minta pertolongan Roh Kudus supaya Dia memampukan, menuntun langkah hidup kita didalam   kekudusan.... Aminn.    Tuhan Memberkati... (Mons)

No comments:

Post a Comment