KASIH PERSAUDARAAN YANG TULUS IKHLAS (5)

Kamis, 23 Februari 2017

Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu. 1 Petrus 1 : 22
 
Latar belakang surat 1 Petrus pada umumnya di pahami bahwa masyarakat atau jemat sedang mengalami pergumulan (penderitaan). Maka 1 Petrus merupakan surat(tulisan) yang membangun hidup umat Tuhan tetap dalam pengharapan dan bersuka cita. Panggilan persaudaraan dengan tuntutan ayat 22 “menyucikan diri dalam kebenaran” merupakan hal yang harus diusahakan dan diperjuangkan. Tuntutan persaudaraan sebagai bagian pencerminan hidup yang semakin berkualitas dan berada dalam jalur yang mengalami pengudusan.


    Persaudaraan karena anugrah yaitu persaudaraan yang tidak pura-pura namun penuh kesungguhan dalam kemurnian, bukan dengan kekuatan sendiri tetapi dengan kuatan Allah dan memiliki Iman bahwa dalam kebenaran itu akan tercipta persaudaraan karena anugrah didalam keadaan apapun baik penderitaan apapun kondisi hidup yang belum terpuaskan. Kasih persaudaraan memakai kata philia dalam pemahaman sebagai orang yang sama di kasihi Tuhan dan bukan karena ikatan yang lain (yang bisa berubah).


     Kasih merupakan ciri umat Tuhan yang tidak boleh dihilang kan dalam kondisi apapun(suka ataupun duka). Ikatannya kepada sebuah proses kualitas: kepedulian, pembangunan karakter dan berkat karya Tuhan. Bukan menunggu signal orang lain untuk mengasihi karena kasih persaudaraan itu tulus dan ikhlas. Bagaimana kita bisa bisa mengasihi dengan sungguh-sungguh? 1 harus ada kelahiran baru di dalam Tuhan. 2 hidup dalm ketaatan dan kebenaran Firman Tuhan.


    Ada dua macam jemaat yaitu: ada jemaat yang bisa mempraktekkan kasih persaudaran, dan ada jemaat yang belum bisa melakukannya. Kebanyakan yang bisa melakukan kasih persaudaraan itu biasanya Lansia karena mereka memiliki banyak waktu. Yang sulit melakukannya biasanya adalah orang yang bekerja atau kaum muda, dimana mereka terlalu sibuk dengan kegiatan mereka. Tugas gereja adalah bagaimana kelompok yang tidak terjangkau ini semakin ditingkatkan untuk mengasihi semamanya , bukan hanya mengasihi keleurganya saja.


    Supaya terbentuknya persaudaraan yang tulus dan ikhlas kita harus mempunyai satu tujuan. Kita terpenggil oleh karena penebusan. Penebusan dalam Kristus, sehingga dapat mempunyai hidup kudus, sehingga masuk dalam panggilan Allah dan dapat meninggalkan keegoan setiap pribadi. (PA1000)
Horas... Horas... Horas...


No comments:

Post a Comment