JALAN ORANG BENAR BERTAMBAH TERANG ( 2 )

“ Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.´(Amsal 4:18)

Kitab Amsal Salomo terkenal dengan perkataan hikmat dan didikan.  kitab Amsal yang ditulis oleh raja Salomo sangat penting pada waktu itu, ketika Salomo menjadi raja bangsa israel menggantikan ayahnya raja Daud. Apa yang akan kita pelajari dari kitab Amsal ini berkenaan dengan tema kita minggu ini?Jalan orang benar bertambah terang disebabkan oleh takut akan Tuhan (Amsal 1:7). Orang benar berjalan selalu melibatkan Tuhan senantiasa, percaya kepada Tuhan dengan segenap hati dan tidak bersandar kepada pengertiannya sendiri, sehingga bisa membedakan antara hal yang baik dengan hal yang buruk sehingga terangmu dilihat banyak orang dan mempermuliakan Bapamu yang disorga (Mat 5:16)

Jalan orang benar bertambah terang disebabkan oleh didikan (Amsal 4:13).  Orang benar berpegang pada didikan untuk menjadikan pandai dan mengerti kata-kata yang bermakna. Amsal menulis  didikan ini  dapat kita peroleh  pada pendengaran akan Firman Tuhan dan nasehat orang tua untuk memberikan petunjuk-petunjuk hidup tetapi orang bodoh menolak didikan. Jadi Berpengang pada didikan janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah kehidupan.

Jalan orang benar bertambah terang disebabkan oleh hikmat Tuhan ( Amsal 16:16). Orang benar memperoleh hikmat dengan merenungkan Firman Tuhan. Amsal  mengatakan memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak. Salomo berdoa meminta hikmat sebab ia yakin didalah hikmat segala sesuatu  ada. Dengan hikmat yang diterima raja Salomo  bisa memposisikan diri  menjadi orang bijaksana  dalam hidupnya  sebagai seorang Raja.

Kehidupan gelap dipersatukan  dengan gelap maka hasilnya kegelapan, tetapi gelap  hanya bisa dikalahkan  ketika dipersatukan dengan cahaya terang.  Demikianlah orang benar hidup dalam kebenaran sehingga terangmu bisa dilihat orang. (Bb)  

No comments:

Post a Comment