ALLAH MEMBERI KESANGGUPAN (4)




Rabu, 29 Maret 2017




Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah
2 Korintus 3:5

Di sini kita harus meresapi firman Tuhan bukan dengan pikiran tetapi dengan hati yang sempurna barulah kita semua mengenal Tuhan secara utuh, karena Tuhan juga menunjukkan hatiNya kepada kita semua. Dimana ada air mata distulah ada jawaban bagi setiap doa kita. Tuhan sangat mengenal kita dan hati kita tetapi kita jarang memberi hati kita bagiNya.

            Memamng ada perbandingan Tuhan dalam PB dan PL, kerena kebanyakan manusia didunia mengenal Tuhan dengan aspek Hukum, Ekonomi, pengetahuan dan aspek-aspek lainnya yang menggambarkan kemahakuasaanNya Tuhan tanpa manusia berpikir bahwa Allah mempunya aspek yang paling besar yaitu KASIH. 

Allah bekerja melalui hukum kasih yang memberi kesanggupan bagi kita semua, Allah bekerja melalui Ekonomi Kasih, pengetahuan mengenai Kasih Allah itu sendiri dan banyak dari segala hal yang didasari oleh Kasih. Jika Tuhan yang kita kenal didalam PL adalah Tuhan yang penuh dengan Hukum Taurat yang mengharuskan seseorang harus dibalaskan setimpal dengan perbuatannya maka hal itu adil.

Lalu mengapa dalam PB Allah memberi KasihNya sendiri kepada manusia dimana seseorang yang berdosa tidak akan dihukum jikalau Dia betobat tapi didalam PL tidak ada kata pertobatan. Lalu jikalau kita dalam PL, kita akan melakukan dosa apakah adi bagi saudara, jika saudara mendapatkan hukuman yang sesuai dengan saudara lakukan.

 Dan apakah Adil bagi Tuhan dan manusia lainnya jikalau Dia menghukum saudara? Tentu ini membuat kita bingung. Karena kasih Bapa yang di sorga dan kerena usaha kita itu semua. Karena kasih Allh kita senggup melakukan segala sesuatannya. Tanpa Allah kita seolah-olah tidak mampu bahkan tidak sanggup melakukan pekerjaan.

Seperti yang dikatan Filipi 4:4 besukacitalah senantiasa didalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan bersukacitalah! Dan Filipi 4:7 damai sejatrah Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Yesus Kristus. Allah selalu memberi kita kesanggupan dalam menjalani hidup kita karena hati dan pikiran kita selalu dipeliharaNya. Berpengang teguhlah kepada Allah karena Allah itu Kasih. (PA1000)

No comments:

Post a Comment