TIDAK BERBUAT DOSA LAGI

Minggu, 19 Maret 2017


Hanya orang-orang yang tidak melihat dan mengenal Tuhan yang tetap berbuat dosa. 1Yoh 3:6  Semua orang yang hidup bersatu dengan Kristus, tidak terus-menerus berbuat dosa. Orang yang terus-menerus berbuat dosa, tidak pernah melihat Kristus atau mengenal-Nya. 1Yoh 3:6  Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. Secara kasat mata kita tidak mampu melihat Tuhan tetapi dengan kepastian iman didalam Tuhan Yesus, orang percaya mampu bertemu dan melihat Tuhan. Firman Tuhan juga menjamin bahwa mereka yang mengenal Tuhan tidak berbuat dosa lagi.  Tidak bisa mengenal Tuhan samar-samar atau dari kejauhan harus mengenal Tuhan secara jelas, dan pasti.

LAHIR DARI ALLAH 1Yoh 5:18   Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 1Yoh 3:9 Kepastian seseorang dilahirkan kembali, menjadi kekuatan utama tidak berdosa. Artinya pertobatan itu mutlak. Apakah saya sudah melewati prosesi pertobatan yang benar? Benar-benar menyesali dosa, kemudian kita butuh Tuhan yang dapat menyelamatkan, sampai kita percaya dan menerima Dia, mengundang Kristus masuk dalam hati kita. Apakah hidup kita sudah sesuai dengan pertobatan. Pengkajian ini yang seharusnya kita miliki untuk tidak berbuat dosa. 

TETAP BERADA DIDALAM DIA 1Yoh 3:6  Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. Kemampuan mencerna arti pertobatan akan mempengaruhi kita tetap didalam Dia atau tidak. Ini juga menjadi kekuatan untuk tidak berdosa.

MENDERITA PENDERITAAN BADANI 1Ptr 4:1  Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian,  —karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa  — artinya menyalibkan daging itu penderiataan, tetapi hasilnya kita akan perlihatkan bahwa kita mampu tidak berdosa, karena hanya kekuatan Tuhan dan RohNya yang Kudus. Amin . (LGS)


No comments:

Post a Comment