WAKTU AKU TAKUT AKU PERCAYA PADA TUHAN (5)

Kamis, 9 Maret 2017
 Mazmur  56:5
Kata takut memiliki pemahaman merasa tidak berani  (ngeri, gentar) (KBBI) takut diambil dari bahasa inggris be afraid yang dapat diterjemahkan dengan kata ketakutan, ( jhon,m).
Kata percaya juga dapat dipahami keyakinan, mengakui . (KBBI) lalu apa yang di maksud dengan tema berit minggu ini “ waktu aku takut aku percaya pada Tuhan” ?

1.             Dalam hal ini tampak dari pemazmur  ini , dan banyak Mazmur lainnya, bahwa dalam masa-masa yang sulit dan menekan sekalipun , Daud tidak pernah menggantungkan kecapinya di pohon gandarusa, Dia tidak pernah melepaskan senarnya atau menyimpannya, sebaliknya, ketika dalam bahaya dan ketautan terbesar, dia tetap ingin menyanyikan pujian bagi Allah, Dia sedang dalam ancaman bahaya ketika menulis Mazmur ini, atau setidaknya ketika merenungkannya, Namun saat seperti itu pun renungan tentang Allah terasa manis. (Mathew H )
2.             Daud mendapatkan keberanian di dalam Allah, dan di dalam janji, kuasa dan pemeliharaanNya ( Mazmur 56 : 4-5 ) di tengah-tengah keluhan-keluhannya dan sebelum dia menyampaikan apa yang ingin dia katakan tentang musuh –musuhnya, dia bersorak-sorak di dalam perlindungan ilahi. 

a.    Tekadnya sudah bulat bahwa Allahlah andalannya, karena itu, ketika bahaya begitu mengancam dan semua andalannya yang lain gagal “ waktu ku takut, pada hari ketakutanku , ketika aku merasa sangat ngeri dari luar dan aku sangat takut dalam hati , maka aku (Daud) percaya kepadaMU dan redalah segala ketakutanku, kadang ada masa dimana kita merasa sangat takut karena sesuatu apa yang kita alami disitulah muncul sebuah kesadaran untuk memepercayai Allah yang Maha kuasa  serta dapat meyadari kepada siapa kita percaya  inilah yang akan meneguhkan dan menjaganya tetap tenang. ( masmur 27 : 1 ),
b.   Dia membulatkan hatinya untuk menjadikan janji-ianji Allah sebagai pokok puji-pujiannya, dan kitapun sudah-sudah sepantasnya melakukan hal-hal yang sama ( ayat 5) “ kepada Allah yang kupuji “  melalui firmanNya yang telah di katakannya. (Ayat 11 ).
c.    Dengan dukungan Allah dia akan dapat melawan semua ketakutan yang melawannya dan “apa yang dapat dilakukan oleh manusia terhadap aku“ ( Mazmur 118 :6 ), ( Mazmur 10:28 )
Bagaimana kita bersikap ?
1.             Seperti apa yang ditulis dalam surat Ibrani  tahun 67-69 Masehi sangat menguatkan iman kita untuk kita tidak takut  (Ibrani 13 : 6) sebab itu dengan yakin kita dapat berkata “Tuhan adalah penolongku, Aku tidak akan takut “
2.             Apa kata Daud (Mazmur 23 : 4-6 ) “sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman aku tidak takut bahaya, gadaMu dan tongkatMu itulah yang menghibur aku, engkau menyediakan hidangan bagiku di hadapan lawanku, Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak, pialaku penuh melimpah, kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa “.   “ Keyakinan dan kepercayaan kepada Allah dapat mengalahkan ketakutan “ (PS)


No comments:

Post a Comment