WAKTU AKU TAKUT AKU PERCAYA PADA TUHAN (4)

Rabu, 8 Maret 2017

Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu
Mzm 56:4

Setiap orang harus memiliki cara bagaimana mengalahkan rasa takut. Bukan cara oleh hikmat manusia, karena seorangpun manusia tidak mampu menjadi jaminan yang pasti untuk menghilangkan rasa takut. Hanya kebenaran yang datangnya dari Tuhanlah yang mampu menyatakan cara yang benar bagaimana mengatasi rasa atakut.

WAKTU TAKUT, DAUD MENGUATKAN KEPERCAYAAN PADA TUHAN. 1Sam 30:6  Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya. Daud sangat menyadari hanya Tuhan yang sanggup menjamin hidupnya. Dengan setiap janji penyertaan Tuhan dan jaminan perlindungan yang Tuhan sediakan. Sebab itu Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan waktu ia takut.

WAKTU TAKUT, YOSAFAT MENYERUKAN SUPAYA BERPUASA 2Taw 20:3  Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. Teladan Yosafat sangatlah berarti bagi kita, ketikan ketakutan dan kengerian itu begitu menghimpit hidup kita, maka kitapun dapat mengambil waktu untuk berpuasa. Tidak ada lain bagi Yosafat, waktu takut, pergumulannya kepada Tuhan lebih maksimal dengan berpuasa. 

WAKTU TAKUT, JANGAN MENARUH PERCAYA PADA DIRI SENDIRI 2Kor 1:9  Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati. Kecenderungan untuk berfikir negative, berpikir hal-hal yang belum terjadi, pada kenyataannya bukan membebaskan rasa takut tapi justru  ketakutan menjadi berlebihan. Artinya hikmat dan kekuatan diri sendiri hanya akan menambah rasa takut. Sebab itu pastikan bahwa hanya  kepada Tuhan kita menaruh percaya.

Mari terus melatih diri untuk menyelesaikan setiap jenis rasa takut yang terus datang dengan membuktikan bahwa hanya percaya kepada Tuhan menjadi jaminan atas semua rasa takut. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment