Kamu Adalah Milik ALLAH (5)

Kamis, 16 Maret 2017



(1 Kor 3:23)

Kata milik dalam KBBI disini dapat  diartikan sebagai  kepunyaan atau hak.  Kepunyaan atau hak adalah sebuah penggambaran tentang kehendak  bebas yang kita miliki  untuk melakukan apa saja. Demikian juga halnya dengan Allah bebas untuk melakukan apa saja yang Ia kehendaki atas hidup kita, Sebab  Firman-Nya  jelas mengatakan bahwa kita hidup bukanlah kita lagi  yang  punya hidup  melainkan  Kristuslah yang hidup didalam kita (Gal 2:20). Salah satu bukti bahwa hidup kita adalah milik Allah yaitu dengan bukti nyata karya pengorbanan Anak-Nya yang tunggal yaitu Yesus Kristus dikayu salib untuk menebus dosa manusia supaya setiap kita tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal.

 Kecenderungan manusia menjadi sombong dengan apa yang dimiliki sekarang sehingga tanpa kita sadari kita sedang  melupakan Allah. Tuhan telah memilih kita sebelum dunia dijadikan. Dalam kita Mazmur 139 dituliskan bahwa kita dibentuk dan ditenun dengan segala kedahsyatan dan keajaiban-Nya. Apa yang kita harus lakukan supaya kita selalu mengingat bahwa kita adalah milik Allah, Rasul Paulus menuliskan dalam kitabnya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bahwa kita adalah milik Allah.

a.      Kamu adalah bait Allah: sebelum masuk pada tema kita minggu ini, pada ayat sebelumya firman Tuhan melalui rasul Paulus menuliskan bahwa kita adalah bait Allah artinya Allahlah yang dia didalam kita. Jadi perlu kita ketahui bahwa kita harus menjaga hidup kita dari dosa sebagai saksi Kristus supaya orang melihat bahwa Allah ada dalam diri kita.

b.      Allah membebaskan kita dari maut dan dosa : sebab upah dosa ialah maut dan kebinasaan, tapi dengan kasih karunia Allah didalam Kristus Yesus Tuhan kita telah memerdekakan kita oleh sebab Ia mengasihi dan memilih kita (Rom 8:2). 

c.      Kasih karunia Allah besar kepada kita : jika kita masih bisa bernapas dengan baik sekarang ini adalah kasih karunia Allah supaya kita hidup dalam berkecukupan bahkan berkelimpahan jadi mari kita manfaatkan kasih karunia Tuhan dengan baik dan benar.( 2 Kor 9:8)

d.      Kita hidup untuk Tuhan: sebagai anak-anak Allah baiklah kita hidup sama seperti Allah yaitu hidup didalam roh dan bukan dengan daging serta melakukan segala sesuatu untuk Allah sebab mati dan hidup kita untuk Tuhan ( Rom 14:8)

Dalam renungan  minggu ini berkenaan tentang Kamu adalah milik Allah, mari kita memposisikan diri kita sebagai milik Allah dengan hidup menurut kebenaran-Nya sehingga tidak ada lagi keraguan sebab kita adalah orang pilihan Allah. (Bb)


No comments:

Post a Comment