SAHABAT DUNIA MUSUH ALLAH (5)

Kamis, 2 Maret 2017
Yakobus 4:4

 Kata dunia yang dimaksudkan oleh Yakobus adalah masyarakat  manusia atau sistem dalam masyarakat kita ini yang terpisah dari Allah dan menolak Kristus. Istilah dunia dalam bahasa aslinya adalah”kosmos” yaitu sistem yang dipromosikan oleh Iblis berupa kesenangan yang jahat, dursila dan berdosa seperti keinginan daging yaitu mengejar kesenangan berdosa untuk memuaskan hawa nafsu. Keinginan mata, suka melihat kesenangan berdosa termasuk pornografi dan sebangsanya yaitu percabulan. Keinginan hidup yaitu kesombongan diri yang tidak mau mengakui Allah sebagai Tuhan dan FirmanNya sebagai kekuatan tertinggi dalam seluruh aspek kehidupannya.


Kalau kita membaca Yakobus 4:1-10 Yakobus menyebutkan ada 3 musuh yang harus kita benci (kita tolak) jika kita ingin merasakan kehadiran Allah yaitu hidup damai dengan Allah:


1.    Dunia (Yakobus 4:4). Jangan membangun persahabatan dengan dunia!. Persahabatan dengan dunia menyebabkan orang mengasihi dunia (I Yohanes 2:15-17). Dan kehilangan kasih Bapa dalam hidup kita.


2.    Hawa nafsu (Yakobus 4:1,5) Hawa nafsu itu adalah sifat kehidupan kita yang lama, yaitu sifat yang cenderung untuk  berbuat dosa. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa hidup dalam hawa nafsu itu adaah mendukacitakan Roh Kudus (Roma 8:9). Dan kehilangan milik kita yang sangat berharga (bukan milik Kristus).


3.    Iblis (Yakobus 4:6-7) Iblis adalah musuh besar Allah dan musuh besar orang-orang percaya.
    KerajaanNya adalah suatu kerajaan kejahatan yang menguasai kerajaan angkasa ( Efesus 2:2 ).
    Seperti singa yang mengaum-ngaum untuk mencari mangsa yaitu orang-orang percaya yang belum lahir  baru (I pet. 5:8).
    Sebagian besar tugasnya diserahkan kepada setan-setan (Ayub 1:12).


Yesus datang dalam dunia ini untuk membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis (I Yoh 3:8) kemenangan orang percaya telah diperoleh oleh Kristus sendiri melalui kematianNya diatas kayu salilb dan oleh kebangkitanNya, Kristus telah melucuti kuasa Iblis (Kolose 2:15) dan menebus orang percaya dari kuasa Iblis dan dijadikan milikNya.
Oleh sebab itu lawanlah segala keinginan-keinginan dunia, hawa nafsu dan Iblis. 1. Dalam nama Yesus. 2. Percaya dalam perlindungan Bapa dan 3. Percaya kuasa Roh Kudus yang menyertai kita. Amin. BS

No comments:

Post a Comment