ALLAH MENGETAHUI SEGALA KEPERLUANKU (2)



Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 
( Matius 6:8)

Minggu ini kita dituntun dengan satu pembahasan yang berkenaan dengan Allah Mengetahui Segala Keperluanmu.  Bagaimanakah cara Allah memenuhi kebutuhan itu? Allah memenuhi segala kebutuhan menurut cara yang ditetapkan-Nya. 

1. Allah Tahu keperluan kita.
Ada kalanya Dia menjawab doa-doa kita sesuai dengan apa yang kita minta karena sesuai dengan kehendak-Nya. Hal ini kerap tidak dilihat sebagai kesulitan di dalam pergumulan iman.

2. Allah tidak pernah terlambat menjawab keperluan kita
Selain itu Ia juga bekerja dengan cara yang sulit dimengerti oleh manusia. Tuhan dapat memenuhi kebutuhan kita dalam jangka waktu yang cukup lama, sebagai contoh Abraham dan Sarah berdoa untuk sebuah kebutuhan dan Tuhan menjawab doa mereka 25 tahun kemudian. Allah tahu apa yang terbaik bagi kita dan Allah juga tahu kapan waktu yang tepat menjawab semua permohonan itu yang seharusnya menjadikan kita memahami apa arti relasi dengan Tuhan.

3. Tuhan Menjawab Bukan Keinginan bukan kebutuhan
Terkadang Tuhan memenuhi kebutuhan kita dengan memberikan yang lain yang bukan menjadi permintaan kita dan ironisnya, kita beranggapan Tuhan belum memenuhi kebutuhan kita dan celakanya, kita langsung menuduh Tuhan telah salah memperlakukan kita. Pendapat yang salah! Sesungguhnya, Tuhan tahu apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan kita justru kitalah yang tidak tahu, apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhan kita. Diantara semua kebutuhan materi, sesungguhnya kebutuhan yang paling penting adalah cukup dengan mengetahui bahwa Tuhan ada bersama kita, Dia tidak pernah meninggalkan kita; cukuplah bagi kita merasakan Tuhan menopang hidup kita. 

Biarlah ketiga poin diatas boleh memberikan manfaat bagi kita untuk semakin bergantung kepada Tuhan. Amin (Murthy)

No comments:

Post a Comment