ORANG-ORANG BIJAKSANA AKAN BERCAHAYA (7)




Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya. ( Dan. 12:3)

Kebijaksanaan adalah kearifan/cermat serta ketelitian dalam mengambil langkah sehingga dapat diwujudkan dengan tindakan yang terbaik. kebijaksanaan yang dimaksud disini adalah kemampuan untuk melihat hidup dari sudut pandang Tuhan dan kemudian mengetahui tindakan terbaik untuk dilakukan. Firman Tuhan berkata siapakah seperti orang berhikmat, dan siapakah yang mengetahui keterangan setiap perkara? hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubah kekerasan wajahnya (pengkhotbah 8:1).

Yang dimaksud dengan bercahaya adalah: Membawa pengaruh bagi orang lain ( Matius 5:14-16). Tuhan menjadikan kita terang untuk membawa pengaruh diantara orang-orang yang masih diselimuti kegelapan. apakah terang itu sudah bercahaya dan dilihat orang lain? adakah orang lain memuliakan Allah setelah melihat terang yang terpancar keluar dari diri kita? sudahkah kita menuntun orang lain pada kebenaran Allah? jika ya maka kita adalah bintang-bintangnya Allah.
Terang yang tidak pernah redup/padam cahaya yang kita miliki adalah cahaya Kristus yang gilang gemilang, bukan cahaya yang mudah padam/redup sehingga dengan gampangnya kehidupan kita dikuasai kegelapan contohnya dalam PB ada bintang yang padam yaitu Yudas Iskariot, ia dipanggil untuk menjadi terang, namun justru terang itu tidak bercahaya dan mati. Begitu juga raja kegelapan Lusifer memiliki sebutan sang putra fajar/ bintang fajar, namun ia dikuasai kegelapan dan justru menjadi penguasa kegelapan.

Jadilah cahaya yang tidak pernah redup sampai Tuhan datang, supaya kita dikaruniakan nama bintang timur (Wahyu 2:28; 22:16) terpujilah Firmannya. Amin. (angelo)

No comments:

Post a Comment