ORANG-ORANG BIJAKSANA AKAN BERCAHAYA (2)


Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.
( Dan. 12:3 )


Ada beberapa point yang menarik yang akan kita bahas dalam renungan kita minggu ini, yang berkenaan dengan tema kita Orang-orang bijaksana akan bercahaya.

Ayat 12: 1 Yang menarik dalam ayat pertama ini adalah mengapa dilibatkan Mikhael! Siapa itu Mikhael? Dan apa hubungan Mikhael dengan orang-orang bijak akan bercahaya? Kalau kita memperhatikan ternyata Mikhael adalah memiliki ciri khas seorang Malaikat.  Dalam Kitab Daniel, Mikhael lebih menonjol sebagai penjaga, dan pembela umat Israel. Dengan peranan ini sangat cocok bahwa dialah penghulu malaikat yang digambarkan bertengkar dengan Iblis dalam Wahyu 12:7, sebagai makhluk yang berperang di sorga melawan ular naga. maka sangat jelas dikatakan pada ayat pertama ini bangsamu akan terluput dari maut sebab orang-orang bijaksana tertulis namanya dalam kitab kehidupan sehingga orang-orang bijaksana akan bercahaya. 

Ayat 12:2 Dalam ayat kedua ini membahas tentang penghakiman terakhir, dimana orang-orang yang sudah mati bahkan sudah menjadi abu sekalipun akan dibangkitkan kembali. Dikatakan sebagian dari mereka akan memperoleh hidup yang kekal tentunya ini ditujukan kepada orang-orang yang bijaksana dalam hidupnya sehingga mereka dikatakan orang-orang yang bercahaya. Cahaya melambangkan kehidupan, kekudusan, kekekalan, dan kemuliaan. Berbeda dengan orang yang tidak bijaksana dalam hudupnya yang akan menerima bagian kehinaan dan kengerian yang kekal. 

Ayat 12:3 Ayat pertama menjelaskan bahwa orang yang bijaksana akan didampingi oleh malaikat pada masa akhir zaman, kedua orang bijaksana akan terluput dari penderitaan yang kekal. Kedua point ini akan kita dapatkan  ketika kita melakukan point yang ketiga ini. Inti dari ayat tiga ini adalah sebuah ajakan bagi kita untuk menjadi orang-orang bijaksana bagaimana kita bisa menempatkan, memposisikan, dengan tepat dan benar hidup kita dihadapan Allah tentunya dengan mengunggunakan hikmat dari Allah itu sendiri.  God Bless All... 

No comments:

Post a Comment