TELADAN DALAM BERBUAT BAIK (3)




Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,(Titus 2:7)

Alkitab berkali-kali menasehatkan kita orang percaya, untuk menjadi teladan dalam perbuatan baik. Dalam kehidupan sehari-hari juga Yesus mengajar murid-muridNya dengan perkataan dan melalui teladan. Ia menghendaki supaya murid-muridNya bersikap rendah hati dan melayani orang lain. Sambil berjalan bersama murid-muridNya Yesus menerangkannya berkali-kali tentang kasih ( Yoh pasal 13). Seperti apa yg dikatakan dalam Yoh 13:15 “Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.” Jika kita orang tua ingin anak anak kita bersikap rendah hati, maka kita sendiri sebagai orang tua harus memberikan teladan dalam kerendahan hati. Jika kita ingin anak-anak kita mengasihi Tuhan, maka diri kita sendiri harus menjadi teladan menjadi orang yang mengasihi Tuhan. 

1 Kor 1:11 Dalam terjemahan bahasa jawa: “ Padha nulada marang aku, dikaya aku iya nulada Sang Kristus”. Artinya Ikutlah teladanku seperti aku juga mengikuti teladan Kristus. Inilah prinsip yang benar, karena kita mengikuti teladan Kristus, pasti kita akan menjadi teladan dalam perbuatan baik. 
1. Sebab Yesus Kristus selalu membangun hubungan yang baik dengan BapaNya di sorga demikia  juga kita. 
Markus 1:35 Pagi-pagi benar (wayah subuh) Ia pergi ke tempat yang sunyi untuk berdoa. Karena Yesus tahu, hidup itu semua oleh karena AnugerahNya.
Lukas 6:12 Semalam-malaman Ia berdoa. Agar kesejahteraan dari Bapa menjadi milikNya. 

2. Sebab pekerjaan Yesus itu selalu mengutamakan Kerajaan Allah supaya mengalami Kuasa, kemuliaan dan hak-hakNya. Untuk melawan kusa Iblis dan haluan dunia yang sedang bekerja sekarang ini. Sama dengan tokoh-tokoh dalam Alkitab seperti Daniel, Yusuf, Elia, Paulus, Petrus, Yohanes dan demikian juga seharusnya saudara dan saya juga harus mengutamakan Kerajaan Allah. 

3. Sebab hati Yesus adalah hati yang penuh belas kasihan. 

Biarlah kita memiliki hati yang sama dengan hatiNya. Amin. (BS).

No comments:

Post a Comment