ORANG-ORANG BIJAKSANA AKAN BERCAHAYA (5)




Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya. ( Dan. 12:3)

Orang yang bijaksana adalah orang yang selalu mengunakan akal budinya, orang yang bijaksana adalah orang yang tajam pikiran, pandai ( KBBI)
Orang bijaksana adalah orang yang memiliki akal budi, orang yang bersikap, bertindak sesuai dengan akal budi yang didasarkan pada ketulusan hati dan kemurnian hati yang suci sebagaimana diuraikan dalam PL adalah orang saleh . Mereka menunjukan hikmat mereka bukan hanya dengan hidup mereka, tetapi dengan efek kehidupan dan kesaksian mereka, karena mereka menuntun banyak orang kepada hidup yang benar. Cahaya mereka berarti bahwa mereka akan diubah, dan kemulyaan Allah akan terpancar di dalam dan melalui mereka .

Ciri-ciri orang yang bijaksana :
1. Mau mendengarkan nasehat (Amsal 12 : 15 )
Orang yang mendegar nasehat orang lain merupakan salah satu sikap bijak. 
2. Mendengarkan nasehat ayahnya ( Amsal 13 :1 )
Sebagai seorang anak sepatutnyalah untuk mendengar setiap nasehat dari orang tuannya karena orang tua kita merupakan wakil Tuhan yang kelihatan di dunia ini.
3. Menyimpan pengetahuan ( Amsal 10 : 14 ) orang yang bijaksana adalah orang mampu menyimpan pengetahuan yang dimilikinya dan akan di sampaikannya pada saat yang tepat dan benar.

Berkat bagi orang bijak :
1. Akan mewarisi kehormatan ( Amsal 3 : 35 ) orang yang bijak tidak akan diremehkan oleh orang lain bahkan sebaliknya akan mewarisi kehormatan ( di hargai orang)
2. Lebih berwibawa dari pada orang kuat ( Amsal 24 : 21 ) orang bijak memiliki wibawa dalam bersikap dan bertindak
3. Akan bercahaya seperti cahaya cakrawala memancarkan kemulyaan Tuhan (Matius 5 :14-16) 
Dan akan menuntun banyak orang pada kebenaran seperti bintang dan terus bersinar .

Contoh ilustrasi hidup bijaksana :
1. Gadis-gadis yang bijaksana ( Matius 25 :4 ) memiliki kesempatan untuk bersukacita bersama Tuhan dalam pesta anak domba Allah.
2. Hamba yang bijaksana ( Matius 24 :45 ) orang yang melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
3. Orang yang mendirikan rumahnya di atas batu karang (Matius 7 :24 ) orang yang mendengar dan melakukan perintah Tuhan. Seperti orang yang sedang membangun rumah di atas batu karang. (PS)

No comments:

Post a Comment