ORANG-ORANG BIJAKSANA AKAN BERCAHAYA (6)




Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya. ( Dan. 12:3)

Beberapa minggu lalu kita sudah membahas satu tema yaitu Tuhan memberikan pengetahuan dan kepandaian. dimana Tuhan telah mempercayakan hikmat dan kebijaksanaan kepada Daniel dan teman-temannya, berangkat dari hal itulah saat ini kita merenungkan tema yang berkenaan dengan “orang-orang bijaksana akan bercahaya” .  Bijaksana berarti menggunakan akal budinya, pengalaman dan ilmu pengetahuannya, arif sehingga dapat disebut sebagai sikap tepat dalam menyikapi setiap keadaan dan peristiwa. Kebijaksanaan sejati tidak berasal dari filosofi dan ide manusia tapi adalah hikmat yang berasal dari Tuhan. 

Bercahaya berarti menjadi terang dalam kegelapan. Berangkat dari hal sepele saja, dalam kehidupan kita sering kita jumpai apabila listrik mati dapat berdampak besar dan dapat melumpuhkan kota misalnya rambu-rambu lalu lintas mati dapat mengakibatkan kemacetan yang luar biasa, transaksi dimana-mana tertunda. alangkah pentingnya terang itu. Yesus berkata Aku adalah terang dunia, terang itu Dia berikan untuk kita. menjadi terang Kristus dalam kegelapan itu bukan soal pilihan, tapi panggilan hidup setiap anak Tuhan karena Tuhan sudah menerangi kita dari kegelapan dosa.

Menuntun orang-orang pada kebenaran 
Daniel dan teman-temannya  merupakan pribadi-pribadi yang menerima kebijaksanaan yang luar biasa dari Allah. jika kita perhatikan dalam kitab Daniel 1:20 semua perkara kebijaksanaan ada pada Daniel dan kawan-kawannya, bahkan 10 kali lebih cerdas dibanding yang lainnya. Dan mereka menggunakan kebijaksanaan itu untuk menuntun orang lain pada kebenaran (Daniel 3:28;6:27)
Jadilah orang-orang yang bercahaya. Amin. (murthy)

No comments:

Post a Comment