TELADAN DALAM BERBUAT BAIK (4)


Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,(Titus 2:7)

Teladan adalah sesuatu yang patut ditiru. Diri kita bisa menjadi contoh, inspirasi, pembelajaran bagi orang lain. Saat kita mau jadi teladan maka apa yang kita lakukan harus lebih atau diatas rata-rata apa yang orang lain biasa lakukan. Perbuatab baik yang kita lakukan harus lebih baik, lebih intensif, bahkan lebih tepat sasaran, artinya menghidai hal yang sia-sia dalam berbuat baik.

TELADAN - RAJIN BERBUAT BAIK Tit 2:14  yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik. Kemalasan seringkali membuat kita menjadi sulit untuk berbuat baik, terlalu fokus kepada hal-hal yang sia-sia sehingga berbuat baik seringkali terabaikan. Biarlah kita senantiasa menit dalam kehidupan kita terus berbuat baik.

TELADAN – TIDAK LUPA BERBUAT BAIK  Ibr 13:16  Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah. Firman Tuhan dan Roh Kudus selalu menemani hati dalam pikiran dan hati kita untuk mengingat kehendak Tuhan dalam berbuat baik, dan tidak pernah melupakannya. Hal-hal dunia harus diwaspadai sebab sangat mudah mempengaruhi pikiran kita untuk tidak  berbuat baik.

TELADAN – LEBIH BAIK MENDERITA BERBUAT BAIK 1Ptr 3:17  Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat. Berbuat baik itu tidak mudah. Sebab  seringkali kita harus mengalah demi orang lain, kita harus menderita demi perbuatan baik, kita harus dirugikan bahkan banyak berkorban untuk kehendak Tuhan ini. Tetapi kita harus ingat bahwa dibalik ini semua Tuhan sedang berkarya atas hidup kita agar nama Tuhan semakin dipermuliakan Mat 5:16  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Biarlah kita mau menggunakan setiap kesempatan dalam hidup kita untuk berbuat baik bukan hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk semua orang. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment