TELADAN DALAM BERBUAT BAIK (1)


Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita. (Titus 2:7-8)

minggu ini Berit membahas tema berkenaan dengan “Teladan Dalam Berbuat Baik“. Nasehat Paulus kepada anak rohaninya Titus dalam tugas pelayanannya di Kreta. Paulus rindu supaya kehadiran Titus di Kreta dapat menjadi berkat!. Untuk itulah Paulus menghimbau agar Titus dapat menjadi teladan hidupnya bagi orang-orang Kreta. 

Berbuat baik dalam hal ini dipakai kata ”agatos”. Berbuat baik seperti yang Tuhan mau, bukan ukuran yang manusia mau. Yaitu  sesuai dengan ukuran dan kehendakNya saja (Efesus 2:10).

Teladan baik dalam hal apa yang Paulus harapkan pada seorang Titus?. Melalui nats diatas kita dapat menemukan beberapa hal penting:
1. Teladan dalam kejujuran! (ay.7).
Kata kejujuran berasal dari kata dasar jujur yang berarti lurus hati atau tidak curang!. Sedangkan kejujuran dapat dimaknai dengan kelurusan serta ketulusan hati dalam melayani orang-orang Kreta!. 
2. Teladan dalam pengajaran! (ay. 7)
Apapun yang diajarkan Titus kepada orang-orang Kreta, hal itu didasarkan pada kesungguhan hati. Titus tidak saja mampu mengajar dengan baik dan benar namun dirinya dapat menjadi pelaku yang mampu  melakukan apa yang diajarkannya itu. Titus mampu bertanggung jawab serta mempertanggungjawabkan pengajarannya tesebut dihadapan Tuhan.   
3. Teladan dalam Pemberitaan Injil (ay. 8).
Segala sesuatu yang disampaikan melalui pemberitaan Injil  hal itu semata-mata hanya untuk kemuliaanNya saja!. Tidak ada unsur untuk kepentingan pribadi Titus. Akibatnya, berita Injil dapat diberitakan dengan benar dan proposional kepada mereka yang membutuhkannya. 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, marilah kita bersama hidup dapat menjadi teladan, khususnya dalam berbuat baik kepada orang-orang disekitar kita melalui teladan dalam kejujuran, teladan dalam pengajaran, dan teladan didalam pemberitaan InjilNya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment