KEMERDEKAAN DALAM MEMBERI (5)



Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. 
 2 Kor 9:7  

Rasul Paulus menulis surat 2 Korintus 9:7 kepada jemaat yang ada di Korintus tentang hal kemerdekaan dalam memberi. Kemerdekaan bisa juga diartikan sebagai pembebasan dari perhambaan atau perbudakan dari kuasa-kuasa ketamakan, keserakahan, mementingkan diri sendiri, egois dan sebagainya yang mengikat hidup kita sehingga dampaknya yang terjadi manusia cenderung tidak merdeka dalam memberi.  Maka dikatakan dalam ayat 2 Korintus 9:7 kemerdakaan di artikan sebagai sukacita yang Paulus ajarkan sebagai konsep Teologi dalam memberi di Korintus . 

Seringkali kita membatasi kuasa Allah dengan pikiran kita manusia yang di intimidasi oleh kuasa si Iblis. Yang sering timbul dalam pikiran kita adalah kalau kita digerakkan untuk memberi pada saat posisi kekurangan dan butuh kita mengambil sebuah sikap penawaran kepada Tuhan “ mungkin aku memberi lain waktu saja kan aku juga dalam posisi kekurangan, atau kalau aku memberi bagaimana dengan saya“ sehingga kita menjadi khawatir sikap ini yang sering menyerang pikiran kita sehingga yang terjadi kita mengurungkan niat kita untuk memberi padahal itu perintah Allah. Tapi kalau kita Tinggal di dalam Allah (Yoh 15 :1- 8)  maka Allah menyediakan yang terbaik bagi kita sebab Dia adalah Jehova Jireh (Allah yang menyediakan segala sesuatu). 

Dalam konteks ini juga mengingatkan kita kepada jemaat yang ada di Korintus diajar untuk memberi dengan kerelaan hati atau juga dapat di artikan hati yang ikhlas tidak dengan hati yang sedih atau karena paksaan. Point yang berkaitan juga dengan tema kita adalah orang yang merdeka itu adalah orang yang memberi dengan sukacita dan bersyukur bisa memberi. Belajar dari janda miskin yang memberi dari kekurangannya karena Allah itu melihat hati. 

Jadi berprinsiplah bahwa Allah sanggup bukan saja mencukupkan tetapi juga melimpahkan senantiasa (2 Kor 9:8 ). (Bb).

No comments:

Post a Comment