ALLAH MENGETAHUI SEGALA KEPERLUANKU (3)



 ( Matius 6:8- 10)

Allah kita yang kita kenal  didalam nama Yesus itu, adalah Allah yang penuh belas kasihan dan panjang sabar. Dia ingin sekali mencurahkan berkat-berkatNya kepada setiap kita orang percaya padaNya dengan sungguh-sungguh. Dia melihat kesakitan dan penderitaan, dosa dan keputusasaan mencekeram banyak orang dalam belenggu dan semuanya ini mendukakan hatiNya. Dia rela membayar harganya dengan harga yang sangat mahal untuk memutuskan rantai-rantai dosa dan maut atas manusia. Dia telah menyediakan berkat-berkatNya yang tak terhingga dan segala sesuatu yang diperlukan manusia, karena Allah mengetahuinya dan menyediakan semuanya itu, di dalam Yesus Kristus. Yesus Kristus yang telah mengalahkan kuasa setan dan kuasa maut dan telah memberikan kunci kerajaanNya kepada gerejaNya (yaitu saudara dan saya). Artinya Yesus Kristus telah memberikan kepada kita kuasa untuk mengalahkan setan dalam namaNya.  Karena kita satu dengan Bapa. Dia sendiri yang telah memilih kita menjadi saluran kuasaNya, kasihNya dan berkatNya diatas bumi melalui doa-doa kita.

Matius 6:8-10 berkata: “...., karena karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

Topik 1, doa  kita ialah dengan menyebut nama Bapa. Artinya  Allah itu sebagai Bapa, dan kita orang percaya sebagai anak-anakNya. Yang ditandai dengan kelahiran baru, hidunya dipimpin oleh Roh Kudus, dan percaya bahwa Frman Allah itu ya dan amin. Baca Galatia 4:4-7. Didalam Yesus kita punya hak disebut anak-anak Allah, juga disebut sebagai ahli waris. Itulah sebabnya didalam doa kita, harus melimpah dengan pujian dan ucapan syukur.

Topik 2, Yang disorga. Artinya Allah itu Maha Besar, Tinggi, Agung dan Mulia. Saat kita berdoa harus penuh rasa hormat, dengan hati yang murni, tidak munafik dengan rasa takut dan gentar. Naikkanlah doa-doa kita seperti asap kemenyan yang berbau harum (Wahyu 8:4). Artinya doa-doa kita berbau harum. 

Topik 3, Dikuduskanlah NamaMu. Ada 7 nama Allah dalam Perjanjian Lama dan kemudian digenapi dalam pribadi dan pekerjaan Tuhan Yesus: a). Yehovah tsidkenu yaitu Allah kebenaran kita. b). Yehovah m’kaddesh yaitu “Allah yang menguduskan’ (I Korintus 1:9). c). Yehovah Shalom yaitu “Allah  itu damai”. d). Yehovah Shammah yaitu “Allah itu ada/hadir”. e). Yehovah Rapah yaitu “Allah yang menyembuhkan:. f). Yehovah Jireh yaitu “Allah yang menyediakan”. g). Yehovah Nissi yaitu “Panji Keselamatan”.

Jadi, doa-doa yang efektif adalah: Pertama, menjalin hubungan dengan Allah secara pribadi. Yang kedua, percaya dan  berserah bahwa otoritas tertinggi dibumi maupun di sorga ada dalam tanganNya. Yang ketiga, pertolonganNya, berkatNya, kuasaNya, bahkan segala-galanya itu diberikan hanya kepada orang yang berkenan kepadaNya. Amin. BS

No comments:

Post a Comment