TELADAN DALAM BERBUAT BAIK ( 5)

Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu
(Titus 2:7)

Apa yang di tulis oleh Rasul Paulus kepada Titus (salah seorang pembantu mudanya/anak rohaninya dalam pelayanan di daerah Kreta (nama tempat terletak di barat daya Asia kecil  kecil di laut tengah) antara pemenjaraan Paulus yang pertama dengan yang kedua, Paulus menugaskan kepada  Titus untuk meneruskan pelayanannya di Kreta sedangkan Paulus sendiri sedang melanjutkan  pelayanan di Makedonia tidak lama sesudah peristiwa itu Paulus menuliskan surat ini kepada Titus. Sesuai apa yang telah di tulis di pasal 2 (dua) ayat 7 (tujuh) mengenai keteladanan hidup sebagai seorang yang percaya kepada Kristus.
Pemahaman mengenai keteladanan dapat di jelaskan “suatu tindakan, perbuatan yang dapat ditiru” KBBI . Teladan juga dapat di pahami dari kata “tupos” Yun, yang berarti model, gambar, ideal atau pola ‘ dalam konteks ini yang dapat di tiru atau di teladani merupakan sebuah sikap, perbuatan, moralitas bahkan spiritualitas atau kerohanian. 

Dalam hal ini dapat di ringkas menjadi 2 ( dua ) bagian  yaitu Moral dan Rohani.
a. Moral dapat di pahami mengenai kelakuan dan tindakan baik maupun buruk  (KBBI). Yang berhubungan dengan fisik, perilaku bahkan sikap dan perbuatan.
b. Rohani segala sesuatu yang berhubungan dengan Roh dalam hal ini berbicara mengenai spiritualitas, sikap hati komunikasi dengan Tuhan, dll.
Perbuatan baik  dapat dapat di pahami suatu tindakan yang dapat dilakukan berstandar kebenaran dalam hal ini konteksnya adalah kebenaran firman.

Bagaimana dapat menjadi teladan dalam perbuatan baik ?
I. Berbuat baik (Matius 25 : 21) “ ...baik sekali perbuatanmu...” dalam kontek ini seseorang yang memiliki kesetiaan, ketekunan bahkan tanggung jawab dalam mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepada kita sebagai orang percaya sehingga dapat di percayai untuk di beri tanggung jawab yang lebih besar
II. Sikap dan perbuatan (1 Timotius 4 :12 ) “...perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucianmu..” dalam hal ini pengajaran Paulus kepada Timotius untuk menjadi teladan dalam perkataan ucapan karena apa yang kita katakan keluar dari hati, dalam tingkah laku berbicara mengenai sebuah tindakan yang dapat di lihat dan berdampak pada kehidupan di sekitarnya, teladan dalam kasih dalam hal ini kasih terhadap Tuhan dan sesama, kesetiaan, setia kepada Tuhan dan kesucian dapat di artikan hidup kudus yang selalu menjaga dalam kekudusan yang berarti tidak mau kompromi dengan dosa.

Oleh karena itu kita sebagai anak-anak Tuhan hendaklah kita menjadi teladan dalam hidup kita baik secara moral, etika, sikap bahkan perbuatan kita yang berdasarkan hidup secara rohani yang bercermin pada keyakinan iman kepada Kristus Yesus .
Yakinlah dan percayalah jika hidup kita dapat menjadi teladan maka kita akan menjadi garam dan terang bahkan berkat bagi dunia ini, maka nama Tuhan di permulyakan dan banyak orang yang akan menjadi percaya kepada Kristus. (PS)

No comments:

Post a Comment