TUHAN MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN (7)



“Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi” 
(Daniel 1:17)

Minggu ini kita yang terhimpun dalam Keluarga Besar Jemaat JKI Bethesda akan dituntun dengan satu pembahasan yang berkenaan dengan “Tuhan Memberikan Pengetahuan dan Kepandaian”. Dari tema ini kita dapat menarik pembelajaran hal penting 
1. Meminta Pengetahuan dan Kepandaian kepada Tuhan ( Amsal 2:6 )
"Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian." 
Apa yang tidak dimiliki Tuhan? Tidak ada. Tuhan memiliki segalanya dan mau memberikan segalanya kepada kita, termasuk hikmat, pengetahuan. Tetapi, seringkali kita lupa memintanya dari Tuhan. Seringkali kita berusaha sendiri dan mengalami depresi karena tidak tahu apa yang harus dilakukan atau tidak bisa melakukan apa yang harus kita kerjakan. Dalam sekolah atau pekerjaan atau keluarga atau kehidupan kita, kita butuh hikmat, pengetahuan, dan kepandaian untuk bisa mengikuti pelajaran dengan baik, mengikuti ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik, mengerjakan pekerjaan dengan baik, mengatur dan menjaga keluarga dengan baik, hidup benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Jadi, mintalah hikmat, pengetahuan, dan kepandaian kepada Tuhan dengan iman.

2. Pengetahuan dan Kepandaian digunakan untuk kemuliaan Nama Tuhan. 
Terkadang tanpa disadari kita terperangkap dalam lingkaran kesombongan dan diperalat oleh iblis, sehingga menjadikan pengetahuan dan kepandaian sebagai gerbang untuk iblis untuk menguasai hidup kita. Dizaman sekarang ini IPTEK semakin canggih (ada begitu banyak aplikasi-aplikasi yang ditawarkan dalam sosial media) namun terkadang salah didalam penggunaanya. 

Melalui berit minggu ini kita terus diingatkan untuk menjadikan pengetahuan sebagai sarana/alat kemuliaan nama Tuhan. Amin. (Murthy )

No comments:

Post a Comment