ALLAH MENGETAHUI SEGALA KEPERLUANKU (5)




Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.  
( Matius 6:8)

Salah satu sifat Allah yang perlu diketahui bahwa Allah Maha tahu, apa yang terjadi dalam dunia ini atas kendali dan sepengetahuan Allah, terlebih secara spesifik apa yang terjadi dalam hidup manusia atas sepengetahuan Allah.   Begitu pula sekecil apapun apa yang terjadi dalam hidup kita Tuhan itu tahu. 

Dalam injil Matius 6 :5-8 tentang hal berdoa.  Apa itu doa, kenapa kita berdoa dan bagaimana kita harus berdoa ?. Kadang kala pertanyaan-pertanyaan muncul didalam hidup kita. Akan tetapi dalam konteks ini Yesus mau mengajarkan kepada kita tentang bagaimana melaksanakan kewajiban keagamaan itu dilaksanakan dengan benar karena pada konteks ini Tuhan Yesus meluruskan kewajiban agama di tiga bidang diantarannya memberi sedekah (Matius 6: 2-4), berdoa  (Matius 6 : 5-8) dan berpuasa (Matius 6:16- 18) arahan  Yesus terhadap pelaksanaan kewajiban keagamaan agar memiliki motivasi dan tujuan yang benar seperti apa yang ditulis di dalam injil Matius 6 :6 “Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu”. Setiap anak Tuhan sebaiknya memiliki tempat dimana ia dapat sendirian dengan Allah, jika tempat semacam itu tidak ada, maka berdoa secara tersembunyi tidak dapat dilaksanakan untuk waktu yang lama atau secara teratur. 

Doa yang diucapkan tersembunyi itu memiliki berkat tersendiri karena pada pagi hari untuk menyerahkan hari itu kepada Allah, pada malam hari untuk mengucap syukur atas kemurahanNya, pada saat Roh Kudus mendorong kita berdoa maka Bapa akan memberikan berkatnya. Doa yang tersembunyi itu bersifat pribadi. Lalu apa hungannya dengan tema ini Allah mengetahui segala keperluanmu?
1. Meskipun kita berdoa secara tersembunyi Allah mengetahui apa yang kita doakan .
Matius 6:8, Filipi 4 :19 “ Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus”

2. Bahkan apa yang tidak pernah dilihat, tidak pernah didengar, dan tidak timbul dalam halam hati Allah sudah menyediakannya. (1 Korintus 2 :9) “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah di dengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia; semua yang di sediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia “

3. Adanya sebuah kepastian jawaban ketika kita berdoa kepada Tuhan dengan didasari keyakinan dan iman.
Oleh sebab itu janganlah kita tawar hati, gelisah dan kwatir karena apa yang kita mohon, rindukan dan doakan Allah pasti akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus. Asal ketika kita minta dengan yakin dan percaya pasti kita menerimannya.(PS)

No comments:

Post a Comment