TUHAN MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN (5)


“Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi” 
(Daniel 1:17)

Kisah dalam kitab Daniel ini, menjelaskan raja Babel Nebukadnezar mengepung pemerintahan Yoyakim raja Yehuda sehingga sebagian perkakas –perkakas rumah Allah dibawa oleh raja Babel. Titah raja kepada Aspenas untuk membawa orang-orang yang berperawakan baik, tidak bercela, penuh dengan hikmat dan cakap dalam untuk bekerja termasuk Daniel, Sadrak, Mesakh dan Abednego. Apa yang akan kita pelajari dari tema renungan kita minggu ini.

a. Bukan berdasarkan makanan dan minuman yang kita kosumsi setiap hari (Daniel 1:12). Daniel mengerti dan memahami dengan penuh bahwa Pengetahuan dan kepintaran mutlak dari Allah. Bukan berdasarkan makanan yang kita makan sekalipun itu makanan yang diperuntukan bagi raja. Sehingga, Daniel berani berkata kepada pemimpin pegawai istana untuk melakukan sebuah percobaan dan terbukti hasilnya perawakan mereka jauh lebih baik. Dengan makan sayuran dan air putih yang sederhana Tuhan bisa pakai asalkan itu berkenan kepada Allah. Tidak ada yang salah dengan makanan yang kita makan tetapi yang menjadi inti pointnya bahwa Allah yang akan memberikan pengetahuan dan kepintaraan bagi yang mengandalkanNya.

b. Menguduskan dirinya dihadapan Allah (Daniel 1:8). Daniel mempunyai beberapa teman yang dibawa oleh raja Babel untuk bekerja di istana raja. Teman-teman Daniel mungkin menganggap bahwa dengan makan makanan raja dan meminum minuman anggur mereka akan menjadi lebih berperawakan baik dan penuh dengan pengetahuan tetapi tanpa di sadari itu tidak berkenan dihadapan Allah. Berbeda yang dilakukan oleh Daniel, yaitu dengan tidak menajiskan dirinya dihadapan Allah dengan tidak makan makanan dan minum minuman  yang biasa di konsumsi dalam kerajaan Babel karena pada dasarnya kerajaan Babel menyembah dewa. Ini yang menarik yang dilakukan oleh Daniel sehingga terbukti keempat orang tokoh di atas berbeda mempunyai sepuluh kali lebih cerdas (Dan 1:20) God Bless..(Bb)

No comments:

Post a Comment