TELADAN DALAM BERBUAT BAIK (2)


Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,(Titus 2:7)

Hidup sebagai anak-anak Tuhan sudah seharusnya kita hidup menjadi terang dunia dan garam dunia seperti yang terdapat dalam kitab Matius 5:13-16 sehingga nama Bapa yang di permuliakan  melalui perbuatan kita. Kita akan belajar Firman Tuhan dari kitab Titus sesuai dengan tema kita minggu ini yang berkenaan teladan dalam berbuat baik. 

Menjadi teladan dalam berbuat baik merupakan kewajiban setiap kita maka dalam judul perikop ini dijelaskan ada tiga jenis orang  teladan dalam berbuat baik. 
1. Orang tua (Titus 2:2-3). Dikatakan dalam ayat ini orang tua laki-laki dan perempuan haruslah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, kasih, bertekun, beribadah, jangan menfitnah, jangan hamba anggur, tetapi cakap dalam mengajarkan hal-hal yang baik. Point pertama ini berbicara tentang peran orang tua ditengah keluarga. Orang tua tidak dapat menuntut anak-anaknya menjadi orang-orang baik kalau orang tua tidak bisa menjadi teladan dalam berbuat baik di tengah-tengah keluarga. Orang tua yang baik adalah orang tua yang menghasilkan anak-anak yang baik pula sehingga keluarga ini dapat dikatakan sebagai contoh teladan bagi keluarga yang lain. 

2. Orang muda (Titus 2:6-7). Orang-orang muda rentan kurangnya penguasaan dan pengendalian diri terlebih dalam hal emosional sehingga sering kali kita mendengar sebuah perkataan dari beberapa orang tua bahwa orang muda kurang berhikmat, atau pikiran yang terlalu pendek dalam mengambil sebuah keputusan, tidak ada yang mustahil  Firman Tuhan 1 Tim 4:12 mengajarkan orang muda harus hidup teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesuciaan maka orang muda dapat dikatakan menjadi seorang teladan kalau menghidupi Firman Tuhan ini. 

3. Hamba (Titus 2:9-10). Hamba harus taat kepada tuannya dalam segala hal, berkenan,  jangan membantah, jangan curang, selalu tulus, setia, ini merupakan gambaran hidup kita sebagai hamba atau anak-anak Tuhan... (Bb).

No comments:

Post a Comment