ALLAH MENGETAHUI SEGALA KEPERLUANKU (7)



Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.
( Matius 6:8)

Allah yang kita kenal adalah Allah yang Jehova Jireh yang artinya Allah yang menyediakan segala sesuatu bagi anak-anakNya yang mengasihi Dia.  Dalam perikop ini menjelaskan tentang sebuah konsep dalam doa yang benar yang Tuhan ajarkan kepada kita. Ada beberapa point yang akan kita pelajari minggu ini berkenaan dengan tema renungan kita minggu ini.

2 Konsep cara berdoa yang salah: 
    a. Berdoa seperti orang munafik (Mat 6: 5a).
Yang dimaksud dengan ciri orang pertama ini adalah, orang yang suka berdoa di tempat-tempat khusus dimana ada banyak orang berkumpul agar dilihat banyak orang, salah satunya adalah rumah ibadah dan di jalan raya. Tidak ada yang salah berdoa ditempat ibadah. Yang terjadi konsep ini bisa salah adalah ketika kita memiliki motivasi yang salah supaya kita lihat orang suka berdoa, agar dihargai, dihormati, disegani, dikenal, memiliki spiritual yang lebih dari pada yang lain maka kita adalah orang sombong dan dikategorikan orang munafik.
     b. Berdoa bertele-tele (Mat 6: 7a). 
Doa kita dikabulkan atau dijawab oleh Tuhan bukan kerena panjang dan lebarnya doa kita. Sering sekali kita memiliki konsep yang salah dalam berdoa salah satunya adalah point yang kedua ini. Doa yang dijawab oleh Tuhan adalah seberapa besar kita percayai dan imani berharap kepada Tuhan dan tidak ada unsur paksaan didalamnya sehinga sewaktu-waktu ketika doa kita belum dijawab oleh Tuhan kita tidak menjadi orang kecewa kepada Tuhan.

2 konsep doa yang benar
    a. Berdoa di tempat yang tersembunyi (Mat 6:6). Tuhan yang kita kenal adalah Tuhan yang  ditempat tersembunyi. Artinya Bapa kita suka dengan hal-hal yang tersembunyi yang dilakukan anak-anakNya tanpa dilihat orang.
    b. Berdoa Bapa kami (Mat 6:9-13). artinya bukan kehendak kita yang jadi melainkan kehendak Bapalah yang jadi. God Bless... (Bb).

No comments:

Post a Comment