TUHAN MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN (6)


“Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi” 
(Daniel 1:17)

Pengetahuan dan Kepandaian adalah dua hal yang mendasar bagi kehidupan manusia. Pengetahuan merupakan suatu pengertian yang diperoleh setelah melihat/menyaksikan sesuatu, ataupun seseorang yang telah memiliki kecakapan terhadap suatu konsep tertentu. Sedangkan Kepandaian merupakan kecepatan dan kepekaan memahami pengajaran atau memiliki kecerdasan dalam bidang tertentu. Minggu ini berit sedang membahas satu konsep berkaitan dengan “Tuhan Memberikan Pengetahuan dan Kepandaian” belajar dari konsep Alkitabiah yaitu beberapa tokoh yang dicatat dalam Kitab Daniel yang telah dikaruniai Pengetahuan dan Kepandaian. 

Dari hal ini kita dapat menemukan prinsip penting sebagai relevansi dalam kehidupan berjemaat
1. Pengetahuan itu adalah Pemberian Tuhan
Banyak orang yang merasa bisa dengan kemampuan yang mereka miliki tanpa menyadari bahwa apa yang mereka miliki adalah milik kepunyaan Tuhan. Bahkan yang lebih mengherankan adalah orang yang menanggap diri hebat dan berkata “untung ada saya, semua karena saya”. Semua itu adalah konsep pemahaman yang salah dan keliru, dan yang perlu dipahami adalah Pengetahuan itu adalah milik kepunyaan Tuhan yang dianugerahkan bagi kita.

2. Kepandaian adalah Jembatan menuju Pengetahuan
Orang yang pandai belum tentu ia tahu, tetapi orang tang tahu sudah pasti ia pandai hal ini menjelaskan bahwa kepandaian yang kita peroleh itu adalah sebuah jembatan untuk mencapai sebuah pengetahuan yang lebih sempurna.

3. Menjadikan Tuhan diatas Kepandaian dan Pengetahuan Kita
 Daniel mengutamakan Tuhan diatas Kebijaksanaanya. Tidak hanya itu saja, Tuhan bahkan mengaruniakan kepintaran dan kebijaksanaan kepada Daniel 10x lipat lebih daripada semua orang-orang bijaksana di Babel.

Kita belajar dari ketiga prinsip Firman Tuhan diatas, sebagai motivasi iman kita untuk tetap bertahan didalam panggilan berjemaat. Amin. (Angelo)

No comments:

Post a Comment