IMAN YANG TEGUH (4)

Supaya jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu.. 
(I Tes. 3:3)

Kesulitan hidup, pergumulan dan tantangan terus ada  dalam hidup setiap orang. Tema diatas merupakan pelajaran yang penting bagi kita bagaimana meresponi setiap masalah yang terjadi. Iman kepada Kristus menjadi senjata yang paling ampuh menghadapi kesulitan dan tantangan di dalam hidup. Bagaimana memiliki iman menjadi tetap teguh bahkan semakin kuat didalam Tuhan.

IMAN YANG TEGUH - BERTEKUN Kol 1:23  Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya. Tekun berarti terus beriman, tidak mengandalkan pikiran dan kekuatan kita sendiri, melainkan hanya sungguh percaya kepada Tuhan. Selalu beriman akan apa yang belum dapat  dilihat dan menaruh harapan hanya kepada Tuhan.

IMAN YANG TEGUH – BERJAGA 1Kor 16:13  Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! Ada banyak titik kelemahan kita sebagai manusia. sangat mudah kita meninggalkan iman. Kehendak manusia seringkali bertentangan dengan kehendak Allah. siasat iblis dengan mudah mempengaruhi cara berbicara dan pikiran dan tidakan kita. Sebab itu bercaja-jaga itu penting, menyadari senantiasa untuk mewujudkan iman yang teguh.

IMAN YANG TEGUH – PERJUANGAN 1Tim 1:18  Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni. Iman dapat berubah-ubah, kadang- iman menjadi kuat tetapi seringkali iman menjadi lemah dan tidak berdaya. Perjuangan iman terus harus menjadi mendorong bagi kita untuk mendapatkan iman yang teguh. Butuh penyangkalan diri dan pikul salib untuk mengikut Yesus.

Iman yang teguh dapat kita miliki oleh kekuatan RohNya yang kudus yang memberi kemampuan kepada kita untuk bertekun didalam iman, berjaga senantiasa dan terus perjuangan untuk mendapatkan iman yang teguh. Amin (LGS)