IMAN YANG TEGUH (7)

Supaya jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu.. 
(I Tes. 3:3)

iman dalam bahasa aslinya di Perjanjian Baru kata benda pistis dan kata kerja pisteuo yang artinya adalah percaya kepada Allah. Ada beberapa point yang saya ingin bagikan tentang tema kita minggu ini berkenaan iman yang teguh dari surat rasul Paulus kepada Timotius untuk misinya ke Tesalonika.
a. Mempercayai sekalipun tidak ada pertolongan. (Dan 3:17). Oleh iman yang teguh kepada Allah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego diselamatkan dari perapian yang menyala-nyala oleh Nebukadnezar. Kita tahu dari kisah ini bahwa Nebukadnezar ingin menggoncangkan iman mereka yang percaya pada Allah orang Israel agar berbalik menyembah kepada patung emas yang dibuat oleh raja. Yang menjadi inti menarik dari ayat ini adalah tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung yang tuanku dirikan (Dan 3:18). Akhir dari cerita ini seluruh kerajaan menyembah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego karna iman mereka yang teguh kepada Allah demikian hidup kita dihadapan Allah.

b. Iman yang teguh itu mempercayai Allah 100% (Amsal 3:5). Akan banyak kita alami musim-musim dalam hidup ini ditengah situasi kondisi yang terjadi begitu juga yang Paulus rasakan di Tesalonika. Paulus memberi nasehat  kepada  Timotius  agar memiliki iman yang teguh ketika bermisi untuk menyampaikan kabar baik kepada jemaat di Tesalonika. Iman yang teguh adalah iman yang tidak bisa di goncangkan oleh seberapa besar, seberapa banyak, seberapa sukar, seberapa sulit bahkan seberapa dahsyat badai hidup yang kita alami tetapi kita harus berani berkata  “aku akan tetap percaya dan mengikut Engkau ya Tuhan”.

c. Memegang Janji Allah. Tugas kita bukan berkata why (mengapa) tetapi tugas kita adalah percaya (believe) saat mengalami penderitaan. Proses jangan diprotes, karena di balik proses ada progres. Kita percaya saja bahwa Allah mampu dan sanggup menolong kita...(Be).