TIDAK ADA RENCANA TUHAN YANG GAGAL (1)



Maka jawab Ayub kepada TUHAN:
 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal. Ayub 42:1-2 

Berit minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Tidak Ada Rencana Tuhan Yang Gagal”. Ungkapan Ayub sebagai respon hatinya kepada Tuhan memberikan pelajaran berharga kepada kita. Keyakinan Ayub melalui perjalanan hidupnya (Ayub 1:39), memberikan pemahaman yang benar kepada dirinya untuk lebih mempercayai setiap rencanaNya atas kehidupan manusia. Nats diatas merupakan bagian dari jawaban Ayub atas tantangan Tuhan yang diberikan kepadanya (Ayub 40:1-41:25).

Melalui nats diatas kita akan belajar sesuatu yang paling penting berdasakan perjalanan hidup Ayub.
1. Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu!.(Ayub 42:2a).
Ayub percaya jika Tuhan yang disembah adalah Allah yang menciptakan segala sesuatu serta sanggup melakkan segala sesuatu. Tidak ada sesuatupun yang Tuhan tidak mampu lakukan atas segala yang dilangit dan dibumi. Kata “sanggup” lebih fokus pada “ Tuhan itu tidak pernah kewalahan”. Dia mempunyai kuasa dan kemampuan untuk melaksanakannya!. Rasul Paulus berkata, “Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan”. (II Kor. 9:8)

2. Tuhan mempunyai rencana yang baik (Yeremia 29:11).
Tuhan mengetahui serta mempunyai rancangan-rancangan dalam setiap hidup manusia. Terlebih dalam kehidupan manusia setiap orang percaya, Tuhan memilikinya!. Rancangan Tuhan tersebut adalah rancangan yang baik dan indah: Rancangan damai sejahtera, bukan rancangan kecelakaan serta rancangan masa depan yang penuh dengan harapan. 
Saudara yang terkasih dalam Tuhan Yesus Kristus. Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu di bumi ini. Dia bukan saja Tuhan sebagai pencipta! Namun juga Tuhan yang mempunyai rencana dan rancangan... dan rancanganNya itu tidak pernah gagal. Sebab, Dia Tuhan yang sanggup melakukan segala sesuatu. Amin. NDP