ORANG DUSTA KEKEJIAN BAGI TUHAN ( 4)

“Orang yang dusta bibirnya adalah kekejian bagi Tuhan tetapi orang yang berlaku setia di kenan-Nya “ ( Amsal 12 : 22


Terkadang apa yang kita katakan dari mulut kita tidak sesuai dengan isi hati kita, sehingga itu dikatakan dusta. Kita dapat di tebak atau dinilai oleh orang lain melalui apa yang kita katakan dan kita lakukan setiap harinya. Jika apa yang kita katakan tidak sesuai dengan yang kita lakukan itu berarti kita sedang berdusta. Ada beberapa point yang akan kita pelajari sebangai dasar perenungan kita minggu ini.

a. Orang berdusta berarti tidak berpengetahuan Amsal (17:27) : Firman ini mengatakan bahwa orang tidak bisa mengontrol perkataannya berarti dusta. Dusta sama arti dosa kebohongan. Hati-hati dengan dosa dusta  sebab jika kita berhasil berdusta maka itu akan menarik kita pada dosa dusta-dusta lain, sehingga dapat melukai dan menyakiti hati Tuhan sebab Tuhan tidak suka dengan bibir yang penuh dusta yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

b. Orang berdusta berarti kebinasaan (Amsal 18:7): ada istilah yang mengatakan bahwa mulutmu adalah harimau mu, artinya bahwa hati-hati dengan mulut sebab apa yang kita katakan dapat membahayakan dan membinasakan  diri kita sendiri ketikatidak sesuai dengan yang kita katakan. Orang bebal dibinasakan oleh mulutnya, bibirnya adalah jerat bagi nyawanya. 

c. Orang berdusta mengatakan hal-hal yang jahat (Amsal 15:28b): orang yang penuh berdusta pasti mengatakan hal-hal yang negatif seperti: cakap kotor, sumpah serapah, kehancuran,  kebodohan, fitnah, pertengkaran, pertikaian, sakit hati, dendam, kelicikan, serakah, mementingkan diri sendiri, egois, mematahkan semangat, mematikan karakter dan tipu daya lainnya.

Jadi, kita dibenarkan menurut ucapan–ucapan yang kita ucapkan setiap harinya. Orang bijaksana akan memperkatakan hal-hal yang positif dan benar sehingga orang merasa terberkati dan terbangun hidupnya melalui bibir orang  benar. Hidup dan mati di kusai lidah, siapa suka menggemakannya akan memakan buahnya (Amsal 18:21).... (Be).