JANGAN MENGERASKAN HATIMU (2)


Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini," ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"  Ibrani 4:7

Hari ini maksudnya Saat ini, waktu sekarang ini.; Mendengar suaraNya : mendengar FirmanNya,; Janganlah keraskan hatimu : Jangan terlena, Jangan anggap enteng, maksudnya kerjakan lakukan.

Mengeraskan hati berarti memastikan tidak ada Firman Allah yang bisa masuk ke dalam hati. Tidak peduli seberapa baik Firman Tuhan diajarkan, bagaimana seseorang menyaksikan kuasa Allah, dia masih memilih untuk tidak percaya. Walaupun orang Israel diajarkan Kitab Suci dan menyaksikan banyak mujizat, mereka tetap mengeraskan hati mereka terhadap Tuhan. Mereka tidak percaya kepada Allah. 

Bagaimana  dengan kehidupan rohani kita, apakah kita sama seperti orang-orang Israil masa itu, Firman Allah tidak menguasai hidup kita. Hati kita hanya tertarik kepada hal-hal fisik dalam hidup ini dan bukan kepada hal-hal yang rohani dan lebih berharga. Apakah kita akan terus membiarkan Firman Tuhan berlalu, dan dengan keras kepala mengeraskan hati terhadap Allah? Kita telah melihat pekerjaanNya tetapi masih tidak percaya.

Orang-orang Yahudi menyaksikan dari dekat kuasa dan mujizat Allah yang luar biasa, tetapi mereka masih tidak patuh. Kita melihat kuasa Allah dalam ciptaan-Nya. Tidak ada alasan bahwa kita tidak pernah melihat pekerjaan Allah! Ketika kita  melihat hidup yang diubahkan, itu juga adalah kuasa Allah yang sedang bekerja di hati manusia! Siapa yang bisa mengubah hati dan membuat orang berdosa bertobat? Hanya Tuhan yang bisa!

Orang yang memiliki hati yang keras adalah orang yang mendengar kebenaran lalu menolaknya. Sebuah contoh nyata yang menggambarkan keras hati adalah Firaun; la melihat mukjizat demi mukjizat yang dilakukan oleh tangan Musa. Dan apa yang kita baca di Alkitab? Firaun malah mengeraskan hatinya

Hari ini jika kamu akan mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu. Akibat dari orang-orang Yahudi yang tidak percaya adalah mereka tidak masuk ke dalam Tanah Perjanjian. Dan akibat di zaman yang modern ini bila kita tidak percaya kita juga tidak masuk tempat yang sudah dijanjikan yaitu Firdaus.
Perlu kita renungkan: Apakah sampai saat ini hati saya keras terhadap Tuhan? Tuhan Yesus memberkati (Ev. Simon)

No comments:

Post a Comment