TUHAN MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN (2)



“Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi” 
(Daniel 1:17)

Pengetahuan dan kepandaian dan hikmat serta penglihatan dan mimpi adalah point utama dari ayat diatas. Pengetahuandan Hikmat arti sama: Pemahaman potensi  yang dimiliki seseorang -Hikmat(Khokma-dalam bahasa aslinya Ibrani): Pengertian, Kebijakan. Kepintaran dalam mencapai hasil yang dikehendaki. Jadi pengetahuan-hikmat adalah pemahaman potensi seseorang didalam mencapai sesuatau yang dikehendaki. Akhirnya, muncul teori lain yang berpendapat bahwa keberhasilan seseorang sangat ditentukan oleh kemampuan dirinya dalam mengatasi masalah dan kekuatan spiritualitasnya. Kemampuan mengelola emosi atau permasalahan yang terkait dengan pertumbuhan hikmat seseorang, harus dimulai dari kehidupan yang takut akan Tuhan (keinginan untuk tunduk dan patuh kepadaNya).

Penulis Amsal menjelaskan bahwa didikan akan membuat orang menjadi pandai, kebenaran, bersikap adil dan jujur (Amsal1: 3).  Didikan juga akan membuat orang memiliki kecerdasan dan mendapatkan pengetahuan yang baik (Amsal 1: 4). Apabila kita membaca ayat-ayat ini, terlihat jelas bahwa penulis Amsal pun menganggap sebuah pendidikan itu sangat penting. Pendidikan akan meningkatkan kualitas hidup manusia dan pengetahuan akan membawa pada keberhasilan.

“Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik” (Matius 7:17-18). Untuk selalu baik ranting harus  menempel dengan pokok pohon, karena kita adalah ranting –ranting yang harus melekat bersama Kristus Yesus. Tuhan selalu memberkati keluarga bapak ibu , saudara dan teman-teman sekalian.  
salam Ev. Mons

No comments:

Post a Comment