TUHAN MEMBERIKAN PENGETAHUAN DAN KEPANDAIAN (1)


“Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.... Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.” ( Daniel 1:17, 19,20)

Berit Minggu ini membahas tema berkenaan dengan “Tuhan memberikan pengetahuan dan kepandaian.”.  Hidup ini adalah milik Tuhan !.  Tuhanlah yang berdaulat serta berkuasa atas kehidupan semua manusia. Bahkan hidup dari keempat pemuda Ibrani yang ada dalam pembuangan Babel itupun ada ditangan Tuhan!. 
Nama pemuda-pemuda  Yehuda tersebut Daniel, Hanaya, Misael dan Azarya. dan oleh pemimpin pegawai Utara tersebut mereka diberi nama lain: Daniel dinamainya Beltsazar, Hanaya dinamainya Sadrakh, Misael diberi nama Mesakh, dan Asarya dinamainya Abednego (Daniel 1:6-7). 

Ketetapan hati para pemuda dengan tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja serta meminum anggur yang memabukkan, hal itu menjadikan Allah mengaruniakan kepada Daniel dan teman-temannya kasih sayang dari pemimpin pegawai istana. Bahkan Allah akhirnya berkenan untuk memberikan pengetahuan serta kepandaian kepada mereka lebih daripada seluruh pendoa yang hidup di negeri Babel. 
1. Allah memberikan pengetahuan yang luar biasa!
Pengetahuan untuk dapat membedakan hal yang salah dan hal yang benar dalam aspek kehidupan mereka. Hal itu menjadikan mereka menjadi matang dan dewasa dalam pengetahuan.
2. Allah memberikan kepandaian yang luar biasa!.
Mereka pandai dalam bidang kesusasteraan melalui bentuk tulisan-tulisan yang dipelajarinya. Menjadi ahli sastra yang handal dan yang diperhitungkan.
3. Allah memberikan hikmat yang luar biasa!.
Hikmat yang berhubungan dengan hal-hal diplomatik serta ketatanegaraan. Mereka cukup paham dengan keberadaan pemerintahan Babel. Bahkan Daniel juga diberikan kesanggupan untuk menafsirkan mimpi dari berbagai penglihatan. 

Saudara yang terkasih, Tuhan sanggup memberikan pengetahuan dan kepandaian kepada anak-anakNya lebih dari pada yang kita  pelajari dan yang telah diberikan oleh dunia. Amin  NDP

No comments:

Post a Comment