PERMULAAN PENGETAHUAN (2)


 “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan ,
tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan “ Amsal 1 : 7

Istilah Amsal di tulis dari bahasa Ibrani “mashal” yang dapat di artikan sebagai “ucapan” orang bijak “perumpamaan” atau “peribahasa berhikmat“, Kitab Amsal menyajikan suatu bentuk pengajaran berupa Amsal yang umum di pakai di timur tengah pada zaman dahulu dalam bentuk hikmat yang di sajikan dalam standar kebenaranNya bagi umat perjanjian Allah. Pengajaran berupa amsal-amsal ini dari zaman kuno dapat mudah dihafalkan dan dipahami untuk diajarkan dan disampaikan kepada angkatan berikutnya.
Tujuan daripada kitab ini di tulis dengan jelas (Amsal 1 :1-7 ) 

1. Memberi hikmat dan pengertian mengenai perilaku bijak, kebenaran, keadilan dan kejujuran (1 : 2-3) sehingga : 
a. orang yang tidak berpengalaman menjadi bijak.
b. Orang muda dapat memperoleh pengetahuan dan hikmat (1:4)
c. Orang bijak akan menjadi lebih bijak lagi ( 1: 5-6 )
2. Sekalipun Amsal pada hakekatnya adalah pedoman hikmat untuk hidup benar dan  bijaksana serta landasan yang di perlukan oleh hikmat tersebut dinyatakan dengan jelas sebagai “takut akan Tuhan”  (1 : 7)

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan “Takut akan Tuhan” dapat di pahami :
1. Memandang Allah dengan keagungan dan penghormatan kudus dalam kemulyaan dan kekudusan.
2. Takut akan Tuhan merupakan sikap menaruh iman percaya untuk memperoleh selamat.
3. Kesadaran bahwa Allah yang marah terhadap dosa dan berkuasa untuk menghukum mereka yang melanggar FirmanNya dan memberikan pengampunan bagi orang yang bertobat.
“Kata Pengetahuan dapat diartikan  mengetahui sesuatu dalam hal pengetahuan akan kebenaran, firman Tuhan. Kata hikmat juga berarti hidup dan berpikir sesuai dengan kebenaran dan pola Allah, mendekati seluruh kehidupan dari sudut pandang Allah . 
Oleh sebab itu takut akan Tuhan menjadikan dasar kita untuk memperoleh pengetahun, hikmat dan didikan   Tuhan  sebagai kekaguman yang penuh hormat pada kuasa, kemulyaan dan kekudusan Allah . 

Bagaimana kita dapat memiliki sikap hati  yang takut akan Tuhan?
1. Mengasihi Tuhan dengan Segenap hati  Luk 10 : 27 “ Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu ...”
2. Taat kepada Firman ( Amsal 13 : 13 )
3. Menaruh iman, kepercayaan, menghargai dan menghormati Allah dalam kekudusanNya.  (PS)

No comments:

Post a Comment