JANGAN MENGERASKAN HATIMU (6)



Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini," ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Ibrani 4:7

Penulis kitab Ibrani menegaskan supaya kita tidak mengeraskan hati!. Pengalaman kehidupan  Israel menjadi pelajaran yang baik bagi kita sebagai generasi gereja masa kini. Sebab orang yang mengeraskan hatinya kepada Tuhan, mereka justru akan mengalami kerugian yang besar dalam hidupnya. Bangsa Israel tidak saja mengalami kerugian secara materi, bahkan kematian juga mereka alami!.

Contoh jelas dalam Alkitab berkenaan dengan orang-orang yang mengeraskan hatinya kepada Tuhan.
1. Firaun ( Keluaran 9:12). 
Pemimpin dan raja Mesir ini sangat mengeraskan hati kepada Tuhan. Firaun menolak untuk bangsa Israel  harus meninggalkan Mesir. Akibatnya Tuhan menurunkan Tulah 1 sampai 10 (Keluaran 7:14-11:10; Keluaran 12:29-42). Meski tulah-tulah tersebut diturunkan, namun hati Firaun ini tetap keras. Akibatnya sampai Tuhan pun menambahkan kekerasan hatinya (Keluaran 14:4).
2. Orang-orang Mesir (Keluaran 14:17).
Orang-orang Mesir atau sering disebut “kafir”. Mereka juga sangat keras hatinya!. Maka Tuhan berkenan pula tuk lebih mengeraskan hati mereka. Akibatnya mereka mati tertimbun air laut merah ketika berusaha untuk mengejar orang-orang Israel yanag keluar dari Mesir.
3. Orang-orang Filistin ( I Samuel 6:6).
Orang-orang Filistin merampas tabut Allah dan membawanya dari Eben Haezer ke Asdod. Dan mereka menaruhnya ke dalam kuil Dagon. Akibatnya patung Dagon roboh  dan hancur. Bahkan seluruh penduduk Asdod terkena penyakit borok-borok... ( I Samuel 5:1-6)

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, orang yang mengeraskan hatinya kepada Tuhan akan mengalami hidup yang tidak aman dan nyaman. Kehidupannya tidak ada damai dan sukacita!. Mereka akan banyak kerugian. Marilah kita bersama senantiasa mau hidup membuka hati dengan setiap firmanNya. Biarlah FrmanNya menjadi roti hidup bagi saudara dan saya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment