PERMULAAN PENGETAHUAN (1)

“Untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,,..Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan."(Ams 1:1-7 )
Minggu ini berit membahas tema berkenaan dengan “PERMULAAN PENGETAHUAN”. Di era modern ini kita menjumpai perkembangan serta pertumbuhan ilmu pengetahuan yang semakin pesat. Tehnologi, saint, komputer yang dapat memberi informasi serta membuka wawasan kita semakin lengkap dan kaya!.
    Jenjang pendidikan yang semakin tinggi..., kurikulum-kurikulum yang teruji... serta sarana-prasarana yang memadai... hal itu menjadikan dunia pendidikan menjadi tempat untuk kita menggali dan mempelajari pengetahuan.
    Persoalannya, apakah dengan bertambahnya pengetahuan menjadikan orang semakin percaya dan mengasihi Tuhan?. Apakah dengan kepandaian seseorang dapat membuat orang itu lebih mengandalkan Tuhan?. Hal inilah yang sedang gereja hadapi dan gumuli. Ada banyak orang menjadi pandai, namun hatinya justru semakin menjauh dari Tuhan. Ada juga mereka yang justru hanya dengan pengetahuan, namun membuat hidupnya menjadi tidak percaya Tuhan dan mujizatNya.  
Nats diatas ditulis oleh Salomo untuk memberi teguran, nasehat serta peringatan kepada kita untuk dapat hidup bijaksana. Menjadi orang yang arif dalam mencari pengetahuan!. Pernyataan Salomo, ”Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan” memiliki makna penting, diantaranya:
Dasarilah pengetahuan dengan takut akan Tuhan!.
Bangun pondasi kuat segala pengetahuan yang kita pelajari  dengan hati yang takut akan Tuhan, hati yang takut akan Tuhan menjadi pijakan dasar dalam rangka kita mengembangkan disiplin  ilmu apapun, Tuhanlah sumber pengetahuan dan Tuhan juga yang memiliki serta mempercayakan pengetahuan itu  kepada kita.
Mulailah belajar pengetahuan dengan hati yang takut akan Tuhan!.
Hati yang takut akan Tuhan menjadi modal awal untuk kita belajar pengetahuan!. Biarlah setiap pengetahuan yang kita peroleh menjadikan Tuhan semakin ditinggikan. Ada filosofi dunia... belajar pada tanaman padi..semakin berisi, padi itu semakin menunduk. Sebab apapun pengetahuan yang kita peroleh itu semua diberikan Tuhan kepada kita. Tidak ada sesuatupun yang  layak untuk disombongkan .
    Saudara yang terkasih, marilah kita senantiasa mau terus untuk belajar serta menambah pengetahuan yang didasari  serta dimulai dengan  hati yang takut akan Tuhan. Kiranya semua pengetahuan itu akan memberikan kebaikan bagi kita dan sesama... terlebih menjadikan Tuhan semakin dimuliakan. Amin. NDP.

No comments:

Post a Comment