TUHAN MENGABULKAN DOA YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA (4)




Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
(I Yoh. 5:14) 

Setiap orang memiliki permohonan didalam doanya kepada Tuhan. ada banyak permohonan yang kita bawa didalam doa kepada Tuhan.  Tuhan menjawab doa tepat pada waktuNya, ada kalanya juga Tuhan belum menjawab doa dan kita harus menunggu waktu Tuhan.  Yang harus kita ketahui bahwa tidak semua doa dijawab oleh Tuhan, sebab Tuhan memberikan persyaratan kepada kita yang meminta di dalam doa bahwa Tuhan hanya akan menjawab doa yang sesuai dengan kehenddakNya. Mari mempelajari beberapa persyaratan yang Tuhan berikan untuk kita berdoa menurut kehendakNya.

SESUAI KEHENDAKNYA, TINGGAL DIDALAM TUHAN DAN FIRMANNYA  Yoh 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Persyaratan ini mutlak harus ada pada kita yang berdoa kepada Tuhan. Kita harus tinggal didalam Tuhan dan tinggal di dalam FirmanNya. Semuanya ini dapat kita nyatakan melalui cara hidup kita setiap hari. Tuhan akan melihat apakah kita menurut kehendakNya?

SESUAI KEHENDAKNYA, BERDOA DENGAN IMAN Yak 1:6  Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Percaya kepada Tuhan menjadi persyaratan mutlak pada saat kita berdoa. Mempercayakan Tuhan berarti kita percaya bahwa Tuhan sanggup untuk melakukan segala hal sesuai dengan kehendakNya. Sebab itu iman sangat penting untuk kita berdoa.

SESUAI KEHENDAKNYA, BERDOA TIDAK UNTUK MEMUASKAN HAWA NAFSU Yak 4:3  Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. Peringatan keras bagi kita, bahwa doa akan dijawab apabila dalam permohonan tidak ada unsur memuaskan hawa nafsu kita. Bersih dari setiap motivasi yang menunjuk kepada diri sendiri. Sebaliknya semua yang kita minta harus mempermuliakan nama Tuhan. Biarlah melalui setiap doa yang kita naikkan menjadi suatu pengalaman kita bersama dengan Tuhan dalam memahami kehendakNya. Amin(LGS)

No comments:

Post a Comment