JANGAN MENGERASKAN HATIMU (7)


Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini," ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"  
Ibrani 4:7

Shallom saudara saudari yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus, tema berit kita minggu ini berkenaan dengan Jangan Keraskan Hatimu yang terdapat dalam kitab Ibrani 4:7. Janganlah keraskan hatimu berkaitan dengan judul perikop ini tentang hari perhentian yang disediakan Allah.  Apa yang akan kita pelajari  dan kita renungkan berkenaan tema berit kita minggu ini...?

a. Janganlah keraskan hatimu terhadap Firman Tuhan: 
Berbicara tentang hari perhentian dikatakan bahwa setiap kita diberikan kabar kesukaan Allah melalui perberitaan Firman yang sering kita dengar. Berbicara tentang perubahan hidup manusia mengapa sulit untuk berubah menjadi lebih baik karena pada umumnya disebabkan oleh kebebalan hati terhadap Allah. Maka ada dua jenis golongan dalam ayat ini bertumbuh dalam iman sehingga berhasil masuk kedalam perhentian Allah dan yang satunya lagi mengganggap Firman Tuhan tidak berguna bagi mereka (Ibrani  4:3
)
b. Jangan keraskan hati untuk taat pada hari perhentian Tuhan: 
Pada konsep penciptaan 6 hari Allah melakukan pekerjaan dan pada hari yang ke 7 Ia berhenti dari pekerjaan-Nya. 6 hari kita bekerja dan seharusnya pada hari yang ke 7 kita juga harus berhenti dari pekerjaan kita untuk  beribadah  pada hari perhentian pekerjaan Allah.  Menguduskan hari perhentian Allah dengan belajar taat dengan tidak mengeraskan hati ( Ibn 4:4-6).

c. Jangan mengeraskan hati untuk percaya kepada perkataan Tuhan: 
Setiap apa yang dikatakan oleh Tuhan kepada kita secara pribadi melalui Roh Kudus-Nya bertujuan untuk mengubahkan hidup kita. Firman Tuhan bertujuan untuk mendidik, mengajar, menegor, dan menyatakan kesalahan. Oleh sebab itu hanya orang yang mau di didik oleh Tuhan yang mendapat perubahan hidup dengan tidak mengeraskan hatinya tetapi selalu ingin dibentuk dan diperbaharui  Tuhan untuk menjadi bejana yang indah sehingga dapat memancarkan kehidupan (Ams 4:23)... GOD BLESS ...(Bb)

No comments:

Post a Comment