TUHAN MENGABULKAN DOA YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA (2)




Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. (I Yoh. 5:14) 

Tema kita dalam minggu ini adalah: “Tuhan Mengabulkan Doa Sesuai Dengan KehendakNya”. Mungkin kita bertanya, bagaimana caranya mengetahui bahwa apa yang kita doakan itu sesuai dengan kehendakNya?. Kita menghadapi berbagai situasi yang sangat kompleks, sehingga dalam berdoa, sulit mengetahui pikiran dan kehendak Allah. Jikalau kita bergantung kepada hikmat dan pengertian jasmaniah, kita tidak dapat mengetahui kehendak Allah  dan kita tidak akan mungkin dapat berdoa sesuai dengan kehendakNya dan menerima jawaban-jawaban  doa yang kita butuhkan. Tetapi ketika mengijinkan Roh Kudus memegang kendali sepenuhnya untuk berdoa lewat kita, maka saat itulah kita dapat mengetahui bahwa 100% kita berdoa sesuai dengan kehendak Allah dan kita akan memperoleh apa yang kita minta.

Ketika kita berdoa sesuai dengan kehendakNya, maka tidak ada keragu-raguan, tidak ada pertanyaan, hanya ada keberanian dan keyakinan penuh bahwa kita  akan menerima apa yang kita minta dalam doa. Banyak  orang yang doa-doanya tidak dikabulkan, karena mereka berdoa sesuai dengan kehendak dan hawa nafsunya sendiri. Jadi, ketika kita berdoa dengan motivasi yang salah, kita tidak akan menerima jawaban apa-apa. (Baca: Yakobus 4:3). Banyak juga orang yang salah dalam berdoa, karena tidak yakin, tidak penuh kepercayaan (iman) datang kepada bapak, bahwa Dia-lah yang mendengar dan mengabulkan doa kita orang percaya. (Baca Ibrani 11:6), (Yakobus 1: 6-7). 

Roma 8:26 berkata: … Roh membantu kita dalam kelemahan kita, … Roh sendiri berdoa kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Oleh sebab itu, putuskanlah sebelum kita berdoa untuk menjadikan hidup kita ini menjadi sebuah bejana yang kosong bagi Roh Kudus, supaya Allah menjadikan kita prajurit doa yang dilengkapi dengan kuasa dan dipakai menjadi alat kemuliaanNya. Amin. (BS).

No comments:

Post a Comment