PERMULAAN PENGETAHUAN (3)

 “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan ,
tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan “ Amsal 1 : 7

Tuhan memberikan kepada setiap manusia akal budi, pikiran, dan kemampuan untuk mencari ilmu pengetahuan, akan tetapi Tuhan juga menyatakan bahwa  takut akan Tuhan harus menjadi awal atau permulaan pengetahuan. Sebab Tuhanlah sumber dari segala ilmu pengetahuan.

PENGETAHUAN TERLALU AJAIB Mzm 139:6  Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. Hanya Tuhan yang menguasai Pengetahuan. Manusia sangat terbatas. Manusia membutuhkan Tuhan untuk menunjukkan pengetahuan. Dengan mendahulukan Tuhan berarti kita mempersilahkan Tuhan untuk memperlengkapi diri kita dengan pengetahuan yang Tuhan anugerahkan dalam kehidupan kita. 

PENGETAHUAN DIKARUNIAKAN OLEH TUHAN Pkh 2:26  Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Inipun kesia-siaan dan usaha menjaring angin. Ayat ini menyatakan dengan jelas bahwa hanya kepada orang yang layak dihadapan Tuhan ia mengaruniakan pengetahuan..sebab itu mari mengusahakan dengan pasti bahwa saya adalah orang yang dikenanNya…

PENGETAHUAN ADA DIDALAM TUHAN Kol 2:3  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan Hanya orang-orang yang dekat dengan Tuhan dapat memahami dimana pengetahuan berasal. Seringkali manusia menganggap dirinya lebih pandai lebih berpengalaman bahkan lebih mampu untuk mengerjakan segala sesuatu padahal hanya di dalam Tuhan tersembunyi segala seluruh pengetahuan.

Mari rendahkan hati dihadapan Tuhan  agar ilmu pengetahuan dianugerahkan kepada kita. Dan oleh kehendakNya kita beroleh pengetahuan. Arti atkut akan Tuhan sungguh sungguh kita lakukan. Amin (LGS)

No comments:

Post a Comment