PERMULAAN PENGETAHUAN (5)

 “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan ,
tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan “ Amsal 1 : 7

Sangat jelas bahwa didalam kitab Amsal yang dituliskan oleh raja Salomo ini, bertujuan agar  para pembaca  mengerti dan memahami prinsip-prinsip hidup yang diajarkan oleh kitab Amsal supaya memperoleh hidup yang dihendaki Allah. Yang menjadi titik  fokus pada pembahasan kita dalam minggu berkenaan adalah Takut akan Tuhan. 

Tuhan yang mempunyai hidup : kita hidup di dunia ini semata-mata oleh kasih karunia yang Tuhan berikan pada setiap kita. Jadi orang  yang takut akan Tuhan sangat simpel untuk dimengerti bahwa kita seharusnya sudah mengerti dan memahami bahwa ada sebuah konsep dalam hati, dan pikiran kita bahwa Tuhanlah yang menciptakan kita (Kej 1:26). Jadi orang yang takut akan Tuhan seluruh hidup kita mengenal dan sosok pencipta kita yaitu Tuhan oleh sebab itu kita, tidak dapat lepas dari Tuhan, mengharapkan Tuhan dan memerlukan Tuhan  setiap detik tidup kita (Yer 17:7-9).

Ada keberhasilan dalam Tuhan: Kesuksesan yang diraih oleh raja Salomo pada zamannya itu merupakan sebuah akibat dari beberapa sebab. Sebab yang pertama tentunya adalah takut akan Tuhan.  Hampir seluruh isi kitab Amsal isi berbicara tentang ajakan untuk kita di didik agar mempunyai kualitas hidup yang bijaksana. Salomo menyadari bahwa diluar dari Tuhan dia tidak dapat berbuat apa-apa, tetapi ia menyadari bahwa ketika bergantung dan takut akan Tuhan sepenuh hidupnya maka yang terjadi adalah sebuah keberhasilan. Inti dari pada poin ini adalah Tuhan yang memberikan yang terbaik keberhasilan hanyalah salah satu akibatnya ( Ams 15:33).

Ketaatan itu mutlak: Hidup takut akan Tuhan berbicara tentang sebuah ketaatan kepada Tuhan. Firman yang tertulis dalam kitab Amsal Salomo ini berbicara bagaimana kita mau dibentuk dari perkataan Firman Tuhan dan melakukannya. Yang terjadi dizaman sekarang ini banyak orang melakukan kejahatan dimana-mana karena mereka kehilangan rasa takut akan Tuhan (Maz 1:1-6)...GOD BLESS (Bb)

No comments:

Post a Comment