TUHAN MENGABULKAN DOA YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA (5)

 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. 
(I Yoh. 5:14) 


Sesuai tema renungan kita minggu ini, yang terdapat  dari 1 Yoh 5:14 yang bertemakan Tuhan mengabulkan doa yang sesuai dengan kehendak-Nya. Apa yang akan kita pelajari minggu ini sebagai dasar untuk kita gumulkan dan kita renungkan sesuai tema berit dalam minggu ini. 

a. Doa yang dikabulkan sesuai dengan kehendakNya berarti doa yang benar di mata-Nya. Tapi yang menjadi masalahnya mengapa doa kita tidak kunjung dijawab oleh Tuhan dikarenakan kita salah dalam berdoa. Salah dalam berdoa yang dimaksud disini adalah doa yang kita naikkan kepada Bapa  disorga adalah doa yang mementingkan diri kita yang meminta berkat dan berkat hanya untuk memuaskan nafsu. Tidak ada doa yang tidak dijawab oleh Tuhan, bagian kita sabar menanti sampai Tuhan menjawab dengan kita mempersembahkan hati yang berkenan kepada-Nya dan mengerti isi hati-Nya Tuhan dan jangan lupa berkata jadilah kehendak-Mu bukan kehendak ku yang jadi (Mat 6:5-10).

b. Doa yang dikabulkan sesuai dengan kehendak-Nya berarti doa yang bersyukur. Doa bukan hanya sebagai sebuah rutinitas lebih tepatnya adalah gaya hidup orang percaya. Kebanyakan orang berdoa ketika dalam persoalan, beban hidup, pergumulan, dan masalah ketika dalam kondisi  seperti inilah membuat kita  mau berdoa, tetapi ketika semua keadaan baik-baik saja kita sering lupa dengan Tuhan. Doa akan dijawab oleh Bapa dengan hati yang selalu bersyukur dengan tidak bersungut-sungut. Jadilah kehendak-Mu bukan kehendakku yang jadi (Fil 4:6). 

c. Doa yang dikabulkan sesuai dengan kehendakNya berarti berdoa dengan iman. Mintalah maka kamu akan menerima, ketuklah maka kamu akan mendapatkan. Jika kita berdoa dengan iman dan pengharapan seakan-akan kita telah menerimanya ini merupakan sebuah tindakan iman maka saya percaya Tuhan akan melihat hati yang penuh pengharapan kepada-Nya (Luk 11: 9:10)... GOD BLESS (Bb)

No comments:

Post a Comment