TUHAN MENGABULKAN DOA YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA (6)



Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.
 (I Yoh. 5:14-15) 


Dalam bagian pengajaran khotbah Tuhan Yesus di bukit (Matius 5-7), Yesus menyisipkan perikop penting mengenai hal pengabulan doa (Matius 7:7-11). "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu”. Disisi lain Yesus juga berkata, “..., mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya”. (Yoh 15:7b).

Doa menjadi jalan bagi Tuhan untuk memberkati anak-anakNya!. Doa merupakan sarana yang tepat bagi Tuhan  untuk membangun komunikasi dengan saudara dan saya. Itulah sebabnya doa menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan persekutuan kita dengan Tuhan. Berdoa sesuai dengan kehendakNya.
1. Doa orang jujur dikenanNya!. ( Amsal 15:8b)
Jujur disini bisa berarti tidak berdusta atau tidak menipu. Baik pribadi orang yang berdoa maupun apa yang didoakan, semuanya benar dan tidak munafik (dibuat-buat). Semuanya dilakukan dengan penuh kejujuran dihadapanNya.

2. Doa orang benar didengarNya!. (Amsal 15:29b).
Kehidupan orang yang berdoa harus benar (tidak bertekun dalam dosa dan kejahatan). Dan permohonan yang disampaikan kepada Allah juga harus benar (memuliakan Allah dan sesuai dengan kebaikanNya). Segala sesuatu yang didoakan sesuai dengan hukum serta kebenaranNya.

3. Doa orang yang mempunyai iman!. (Yakobus 5:16b).
Setiap doa yang dinaikkan didasari oleh keyakinan jika Tuhan itu mampu untuk menjawab doa-doa kita!. Tuhan mempunyai kuasa untuk mengabulkan doa kita. Tidak sedikitpun meragukan Tuhan!. Sebaliknya selalu percaya akan jalan dan jawaban Tuhan. 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, Tuhan yang mengabulkan setiap doa kita jika apa yang kita doakan itu sesuai dengan kehendakNya. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment