BERJUANGLAH UNTUK MEMPERTAHANKAN IMAN (7)


Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.(Yudas 1:3)

Surat Yudas 1:3 sebagai dasar untuk kita renungkan minggu ini, berkenaan dengan berjuang untuk mempertahankan iman. Iman yang dimaksud dalam surat Yudas dalam bagian ini yaitu iman kepada Tuhan Yesus. 

Apa yang akan kita pelajari dan mengapa perlu mempertahankan iman? 
a. Iman berarti keselamatan. Yang dimaksudkan surat Yudas dalam bagian ini ialah, Yudas mengajak para murid-murid Yesus untuk bersama-sama berusaha dengan berjuang untuk melawan tantangan akhir zaman yang semakin rumit atau sulit untuk keselamatan bersama (Yudas 1:3a). Salah satu contoh yang akan dihadapi dan dialami oleh para murid ialah guru-guru palsu yang menyesatkan banyak orang dengan melakukan tanda-tanda ajaib. Ketika dalam pelayanan para murid-murid tidak disertai dengan tanda untuk melakukan hal-hal yang ajaib atau mujizat sedangkan ada guru-guru palsu yang mengatas namakan Yesus  bisa melakukan hal-hal yang ajaib dengan mujizat maka ada dua kemungkinan antara para murid tetap percaya kepada Yesus atau sebaliknya meninggalkan Yesus. Begitu juga yang sekarang dihadapai oleh anak-anak Tuhan dengan mudahnya kita meninggalkan Yesus karena tawaran dunia yang memukau dengan hal yang fana. Iman yang menyelamatkan (Efe 2:8)

b. Iman berarti dasar hidup orang percaya. Yudas juga dalam bagian ini menasehatkan agar kita berhati-hati untuk tetap mempertahankan iman percaya sebab akan ada banyak orang fasik menyusup ditengah kehidupan orang-orang percaya kepada Kristus. Dunia sudah terbalik dengan kemajuan teknologi yang membuat manusia berubah drastis dan ditambah dengan isu-isu seperti LGBT, ajaran-ajaran penyesat yang jauh dari kebenaran Alkitab. Jika orang percaya tidak berjuang dan mempertahankan iman maka dengan mudah kita terpengaruh dan meninggalkan iman kita kepada Yesus. Iman adalah kekuatan dan pengharapan orang-orang percaya tanpa iman kita tidak akan mendapatkan kehidupan yang sesungguhnya didalam Tuhan Yesus (Bb).

No comments:

Post a Comment