TUHAN MENGABULKAN DOA YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK-NYA (3)


Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
(I Yoh. 5:14) 

Pemahaman mengenai doa merupakan alat komunikasi kita dengan Tuhan melalui doa kita dapat mencurahkan isi hati kita kepada Tuhan, dengan doa kita dapat memohon sesuatu kepada Tuhan. Doa adalah berseru kepada Tuhan ( Mazmur 17:6), berseru kepada nama Tuhan (Kejadian 4:26). berseru dengan nyaring kepada Tuhan ( masmur 3:5 ) mengangkat jiwa kepada Tuhan (Mazmur 25:1 ), mencari Tuhan (Yesaya 55:6), menghampiri tahta kasih karunia dengan keberanian (Ibrani 4:16) mendekati Allah (Ibrani 10:22).
Kenapa kita harus berdoa ? sesuai apa yang di tulis oleh tokoh reformasi gereja bapak Martin Luter doa merupakan nafas hidup orang percaya jadi jika kita tidak berdoa maka kita akan mengalami kematian rohani.

Kapan kita berdoa ? setiap saat dan setiap waktu .
Dimana kita berdoa ? dimana saja asal hati kita kontak dengan Tuhan karena doa bagi orang percaya   tidak di batasi dengan ruang dan waktu .
Dari pertanyaan pertanyaa di atas maka dapat mempertajam pemahaman kita tentang doa.

Bagaimana doa itu bisa di kabulkan ?
Banyak cara supaya doa dapat dikabulkan , tetapi ada satu cara yang paling akurat supaya doa itu dapat dikabulkan yaitu doa yang sesuai dengan kehendak Allah .
Pengertian kehendak Allah dapat di pahami Allah (Nugroho hananiel ) : 
1. Allah menyatakan FirmanNya yang mencakup semua perintah-perintahNya.
2. Segala sesuatu yang di ingini Allah secara jelas karena kehendak Allah itu sempurna.
3. Apa yang di ijinkan atau di biarkan terjadi oleh Allah sekalipun hal itu tidak secara Khusus di ingini terjadi, seringkali di sebut” kehendak Allah yang mengijinkan “
Seperti apa yang tertulis di Matius 6:10 “datanglah kerajaanMu, jadilah kehendakMU di bumi seperti di surga”   
1. Doa orang percaya harus berhubungan dengan kerajaan Allah, kita harus berdoa mendatangkan kerajaan Allah, berdoa untuk menghadirkan Allah, manisfestasi Rohani dari kerajaan Allah sekarang ini, termasuk pernyataan kuasa Allah di antara umatNya. 
2. Berdoa sungguh-sungguh menginginkan kehendak dan maksud Allah terwujud dalam kehidupan kita.

Jadi dalam doa kita, kita harus tunduk kepada Allah dan supaya kehendakNya terjadi dalam kehidupan kita (Yohanes 14:13). Kehendak Allah dapat di pahami ketika kita sungguh-sungguh mencarinya. Setelah kita mengetahui kehendakNya mengenai suatu pokok tertentu, maka kita harus minta dengan yakin dan iman. Maka kita yakin Tuhan mendengar doa kita dan melakukan kehendakNya. (PS)

“ JIKA DOA MU BELUM DI KABULKAN, TETAPLAH BERDOA SAMPAI DOAMU DI KABULKAN TUHAN “

No comments:

Post a Comment