JANGAN MENGERASKAN HATIMU (3)

Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini," ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"  Ibrani 4:7

Dalam surat Ibrani pasal 4
Ayat 1, ada kata-kata penting yang harus kita garis bawahi bagi kita orang percaya, kata sebab itu, waspadalah, jangan lalai, sekalipun janji untuk masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku.

Ayat 2, menjelaskan bahwa kabar ini merupakan kabar kesukaan bagi kita orang percaya, dan kabar kesukaan ini menunjuk kepada kabar Injil Kristus.

Ayat 3, untuk menerima kabar kesukaan dan untuk masuk kepada perhentian-Nya, betapa pentingnya iman kepada Yesus Kristus. Sebab hanya mereka yang percaya kepada-Nya mengakui Dia sebagai Tuhan dan Juruselamatnya yang menerima berita kesukaan (keselamatan) dan masuk dalam perhentian-Nya yaitu sorga (Efesus 2:4-7). Sebab diatas kayu salib Yesus Kristus telah membayar harga yang mahal yaitu dengan tubuh yang terpecah darah yang tercurah, untuk mengambil alih segala beban, hukuman dosa manusia, serta memberi pengampunan, dan oleh anugerahNya, Ia memberi jalan masuk ketempat perhentian-Nya yaitu sorga.

Ayat 4-6 menegaskan tentang ada orang yang bisa masuk dalam perhentian-Nya dan ada orang yang tidak bisa masuk kepada perhentian-Nya. Yang bisa masuk kepada perhentian-Nya yaitu mereka yang menerima kabar kesukaan ini dan percaya (beriman) kepada Yesus Kristus mengakui Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dalam kehidupannya. Adapun yang tidak bisa masuk dalam perhentian-Nya ialah mereka yang tidak mau percaya, tidak taat, mengeraskan hati seperti bangsa Israel (generasi padang gurun).

Ayat 7, perhatikan tentang kata “hari ini” yaitu saat kita mendengar berita tentang kabar kesukaan yaitu tentang berita keselamatan didalam Yesus Kristus. Kata “hari ini” yaitu saat ini apakah kita menyambutnya dengan kerendahan hati, dengan ketaatan, dengan sukacita maka sesungguhnya Allah sendiri sedang menuntun kita masuk dalam perhentian-Nya.

Saudaraku, secara lengkap, perhentian-Nya yang disediakan bagi kita orang percaya itu terjadi nanti di sorga, tetapi bukan berarti saat ini kita orang percaya tidak bisa merasakannya. Bagian dari kesempurnaan itu bisa dinikmati orang percaya yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus, sekarang juga, manakala kita mau datang kepada-Nya setiap saat. Tuhan Yesus sendiri berkata: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memeberi kelegaan kepadamu”. (Matius 11:28).

Bertekunlah dalan iman, karena kita percaya hasil akhir yang diterima oleh orang percaya adalah kemenangan. Walaupun dalam dunia ini menghadapi bebagai-bagai pencobaan namun Tuhan memberi kelegaan, sehingga kita orang percaya itu cakap menganggungnya. Amin. (BS)  

No comments:

Post a Comment