PERMULAAN PENGETAHUAN (6)


 “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan ,
tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan “ Amsal 1 : 7

Ada ungkapan yang sering kita dengar bahwa belajar dan menuntut ilmu itu tidak ada batasnya!. Dan juga filosofi yang menyatakan, “Belajarlah dan tuntutlah ilmu setinggi langit”. Saya masih ingat pesan Ibu saya (Almarhum Budhe), sambil menyerahkan seuntai kalung dia berkata, “Kamu harus jadi orang yang pinter, sekolah yang tinggi supaya tidak di hina orang”. 

Salomo dalam kitab Pengkhotbah juga memberi peringatan kepada kita, “Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak buku tak akan ada akhirnya, dan banyak belajar melelahkan badan”. (Pengkhotbah 12:12). Ungkapan Salomo tersebut merupakan realita nyata hari-hari ini. Ada banyak orang tua kehabisan cara untuk terus mendorong anak-anaknya dalam menuntut ilmu!. Ada orang tua yang berbicara dengan saya, “Bagaimana Pak Pendeta, saya bingung menghadapi anak saya. Disuruh sekolah malah tidak mau... dia ingin kerja dan  menikah. Padahal jaman sekarang ini kalau tidak sekolah tinggi akan kalah bersaing tuk cari kerja”. 

Nats diatas memberi dorongan kepada kita untuk memilki sikap yang benar terhadap pengetahuan. Salomo ingin menegaskan bahwa semua pengetahuan itu baik dan akan memberikan kebaikan jika semuanya itu dimulai dan didasari dengan hati yang takut akan Tuhan!. Pernyataannya, “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan “ memiliki  pemahaman penting bagi kita.
1. Takut akan Tuhan membawa kepada kerendahan hati!. 
Kepandaian indentik dengan kesombongan. Kecenderungan orang yang banyak memiliki pengetahuan mudah menjadi congkak. Akibatnya kurang mengandalkan Tuhan serta lebih bersandar dengan kepikirannya sendiri.
2. Takut akan Tuhan akan memuliakan Tuhan!.
Pengetahuan yang didasari takut akan Tuhan akan berakibat Tuhan dimuliakan. Kepandaian yang kita miliki akan berdampak untuk kemuliaanNya saja. Tuhan semakin ditinggikan melalui pengetahuan yang kita miliki.
3. Takut akan Tuhan membuat kita bijaksana!
Kearifan dan kebijaksanaan akan dimiliki oleh setiap orang yang mendasarkan pengetahuan  pada hidup yang takut akan Tuhan. Sebab setiap pengetahuan itu akan memberi hikmat untuk kita yang mempelajarinya. 

Saudara yang terkasih dalam Tuhan, permulaan pengetahuan adalah takut akan Tuhan. Dengan hati yang takut akan Tuhan menjadikan hidup saudara dan saya menjadi lebih bijaksana. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment