Allah Menyediakan Yang Lebih Baik (7)

Sabtu, 28 Januari 2017

"Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.
( Ibrani 11:39-40)

Melihat nats  diatas kita akan belajar dua hal yang penting!

1. “Sesuatu yang lebih baik bagi kita”

Berbicara tentang sesuatu yang lebih baik bagi kita sangat dekat berkaitan dengan kesempurnaan orang-orang benar dalam PL.
Ada 2 macam kesempurnaan dalam kemuliaanNya di sorga.
Pertama,tabiat kemanusiaanNya disempurnakan melalui kesempurnaan Yesus. Ia menjadi Imam besar kita, yang oleh Roh Kudus memberi kita tabiat yang baru. Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan ( Ibrani 10:14). Hal itu menuntun kita masuk dalam hadiratNya serta menyempurnakan iman kita.
Kedua, kesempurnaan kebangkitanNya menjadikan Ia menjadi yang sulung dari semua orang yang telah mati ( I Kor. 1:20). Pada saat kebangkitan , dimana tubuh kita akan diubah menjadi serupa dengan tubuhNya yang penuh dengan kemuliaan.

2. Tanpa kita mereka tidak sampai  kepada kesempurnaan.

Hal itu bukan berarti pengharapan mereka bersandar kepada kita!. Kesempurnaan yang dijanjikan Tuhan  Yesus kepada kita dapat dicapai oleh iman, tetapi kesempurnaan kebangkitan tidak dapat terwujud sebelum segenap tubuh  Kristus mendapat bagian dalam kemuliaanNya. Dengan iman yan penuh orang-orang PL menantikan kedatangan Kristus sebagai  Penebus dan seperti  hal itulah kita juga menantikan kedatanganNya yang kedua kali. Oleh iman, pengharapan tersebut menjadi sungguh serta menjadi suatu kuasa kesucian dalam kehidupan kita, sebagai anak-anakNya.
Saudara yang terkasih, oleh anugerahNya kita telah diberikan anakNya yang tunggal Yesus Kristus... sebagai Anak Domba  Allah agar kesempurnaan serta kemuliaanNya itu nyata dalam kehidupan kita. Amin. NDP

No comments:

Post a Comment