CARILAH TUHAN (3)

Selasa, 10 Januari 2017

Mencari itu adalah tindakan yang terus-menerus dilakukan dengan sungguh-sungguh, penuh ketekunan sampai kita memperolehnya. Demikian juga dalam hal kita mencari Tuhan harus sampai mengalami perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi, maka kita akan hidup. Hidup dalam kekuatannNya, kuasaNya dan kasih karuniaNya.

 Kekuatan Tuhan dibutuhkan dalam hidup kita agar kita dapat berjalan dalam kehendakNya.
 Kuasa Tuhan dibutuhkan dalam hidup kita agar kita dapat melawan segala musuh kita yaitu (dosa, Iblis dan segala sistem di dunia ini).
 Kasih karunia Tuhan dibutuhkan dalam hidup kita agar kita memiliki hati yang bersih, tulus dihadapan Allah. Agar kita memiliki kerinduan untuk dapat menyenangkan hati Tuhan. Agar hidup kita ini mengalami perubahan pembaharuan dan pertumbuhan dan dapat menghasilkan buah bagi kemuliaanNya.

Amos 5:4: Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!

Mazmur 24: 3-10 orang yang mencari Tuhan adalah orang yang bersih tangannya dan murni hatinya yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan mendapat berkat dari Raja kemuliaan. Yaitu berkat yang menjadikan kita menjadi pemenang. Sebab Dia Raja kemuliaan yaitu Mesias (Yesus Kristus Tuhan) yang berperang ganti kita dan mengalahkan segala musuh kita. Tema kita minggu ini adalah : “Carilah Tuhan maka kamu akan hidup”. Contoh kehidupan seorang yang bernama Zakheus (Lukas 19:1-10).

Ay. 2: Zakheus itu adalah kepala cukai. Seorang yang kaya namun kekayaannya diperoleh dari memeras orang lain.
Ay. 3: Seorang yang berbadan pendek menjadi penghalang untuk berteman dengan Yesus karena orang banyak.
Ay. 4: Maka berlarilah melewati kepadatan manusia dan berusaha memanjat pohon ara karena ingin bertemu dengan Yesus.
Ay. 5: Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Mengapa Tuhan Yesus sangat memperhatikan Zakheus dari pada ribuan orang saat itu? Karena Tuhan Yesus sangat menghargai kesungguhan Zakheus.
Ay. 6 Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Inila perjumaan pribadi Zakheus dengan Tuhan Yesus yang membawa pembaharuan perubahan dan pertumbuhan yang menghasilkan buah bagi kemuliaan Tuhan (lihat ayat selanjutnya) Lukas 19:8-10.

Bagaimana dengan hidup kita? Carilah Tuhan maka kamu akan hidup. Amin. (BS)

 

No comments:

Post a Comment