CARILAH TUHAN (5)

Kamis, 12 Januari 2017

“ Carilah Tuhan maka kamu akan hidup, supaya jangan ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel “Amos 5 : 4-6

Amos adalah seorang Nabi abad ke 8 Sebelum Masehi , rekan sezamannya ialah Yesaya, Mikha yang di Yehuda , serta Yunus, Hosea yang di Israel. Ia menyatakan fakta penting tentang dirinya.
( Amos 1:1 ) ia adalah seorang peternak, yang juga seorang yang memungut buah ara hutan (Amos 7 :14 ) dari Tekoa , sebuah desa Yehuda sekitar 19 Km sebelah selatan Yerusalem , Amos adalah seorang awam tanpa setatus nabi yang resmi , tetapi Allah memberikan beban pelayanan kenabian bagi Israel yang memberontak . Pelayanan Amos kepada Israel terjadi ketika Uzia menjadi raja kerajaan Yehuda dan Yerobeam II ( dua) menjadi Raja Israel, pada masa pemerintahan kedua raja ini saling tumpang tindih sehingga berakibat pada persoalan stabilitas politik. Oleh karena itu Amos bernubuat kepada kerajaan utara pada pertengahan abad 8 Sebelum Masehi . Bangsa itu berada pada puncak perluasan Wilayah , stabilitas politik serta kemakmuran nasional , tetapi secara lahiriah bobrok , adanya kemunafikan, penyembahan berhala , masyarakat berpola hidup mewah, kebejatan moral , sistem peradilan rusak , penindasan pada orang miskin merupakan kebiasaan umum. Dalam rangka mengikuti pangilan Allah , Amos pergi ke Betel , tempat tinggal raja Yerobeam II ( dua) dan pusat agama yang di banjiri para penyembah . Disanalah Amos dengan berani memberitakan berita keadilan, kebenaran dan hukuman ilahi karena dosa kepada umat yang tidak mau mendegarkan apa yang dikatan Tuhan kepada mereka . ;( Stanley. M Horton dkk ).

I. Lalu apa maksud dari Tema “ Carilah Tuhan“? (Amos 5 : 4-6)
1. Carilah Tuhan memiliki pengertian “berusaha supaya mendapat (memperoleh, menemukan ) KBBI dalam hal ini menemukan Tuhan (masmur 27 : 7-9 )
2. Pertobatan yang Sungguh-sungguh ( Yesaya 55 : 6-7) “Carilah Tuhan selama Ia berkenan di temui ...., dan kepada Allah kita sebab ia memberi pengampunan dengan limpahnya.”

II. Bagaimana mencari Tuhan ? (Amos 5 : 14-15
Carilah yang baik dan jangan yang jahat, Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik dan Bersekutu dengan Tuhan, banyak doa , tekun ibadah dan jadi pelaku Firman. (PS)

 

No comments:

Post a Comment